Peresmian Bedah Rumah BSPS: Komitmen Pemerintah Bengkulu Tengah untuk Kesejahteraan Masyarakat

Bedah Rumah BSPS
Foto: Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah, Drs. Rachmat Riyanto saat memotong Pita tanda peresmian Serah Terima dan Peresmian Bedah Rumah dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2023-2024 di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Pondok Kubang, Bengkulu Tengah pada Selasa siang (20/2/2024).

Peresmian Bedah Rumah BSPS: Komitmen Pemerintah Bengkulu Tengah untuk Kesejahteraan Masyarakat

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU TENGAH – Melalui kehadiran Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah, Drs. Rachmat Riyanto, S.T., M.AP., Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah menghadiri upacara Serah Terima dan Peresmian Bedah Rumah dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2023-2024 di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Pondok Kubang, Bengkulu Tengah pada Selasa siang (20/2/2024).

Dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah, Drs. Rachmat Riyanto, S.T., M.AP., secara resmi meresmikan bedah rumah BSPS dengan melakukan pemotongan pita secara simbolis. Hadir pula dalam acara ini Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan PP, Samsul Bahri, S.Pd., M.M., Pelaksana Harian PUPR, perwakilan Camat, Kades, BPD, serta undangan lainnya.

Bedah Rumah BSPS
Foto: Acara Serah Terima dan Peresmian Bedah Rumah dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2023-2024 di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Pondok Kubang, Bengkulu Tengah pada Selasa siang (20/2/2024).

Dalam pidatonya, Rachmat Riyanto menyampaikan ucapan selamat kepada 4 kepala keluarga sebagai penerima 4 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, serta berharap agar rumah-rumah tersebut menjadi sumber berkah dan rahmat, serta dapat dimanfaatkan dengan baik. Beliau menekankan bahwa program ini merupakan bukti nyata bahwa Pemerintah Daerah peduli terhadap kesejahteraan masyarakatnya, serta berkomitmen untuk tidak meninggalkan warganya dalam kondisi kurang sejahtera.

”Meskipun awalnya terdapat 10 unit yang diajukan, namun karena beberapa persyaratan ketat seperti kemampuan swadaya warga dan kepemilikan tanah, hanya 4 unit yang dapat direalisasikan, Namun dengan pembangunan 4 unit rumah swadaya ini, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat penerima,” ujar Rachmat Riyanto.

BACA JUGA: February Pemkot Bengkulu Laksanakan Bedah Rumah Sebanyak 23 Unit Melalui Program RTLH

Dengan penduduk Bengkulu Tengah yang hampir mencapai 121.000 jiwa dan jumlah rumah tidak layak huni mencapai sekitar 2.300 unit, Pemda memiliki program pembangunan 50 unit rumah di berbagai kecamatan, yang sebelumnya dikenal sebagai Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang sekarang dikenal sebagai BSPS.

”Bantuan Stimulan ini ada juga bantuan dan Swadaya berarti masyarakat yang melaksanakannya, meskipun dengan bantuan tukang Ada beberapa persyaratan yang berbeda dalam bantuan ini dan bantuan ini ditujukan kepada masyarakat yang memiliki kemampuan finansial di bawah garis UMR,” Terang Rachmat Riyanto.

BACA JUGA: Bupati Seluma Tanamkan Semangat Gotong-Royong Pada Saat Salurkan Bantuan Bedah Rumah dan Sembako di Kelurahan Sido Mulyo

Kepala Desa Tanjung Dalam juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda Bengkulu Tengah atas bantuan tersebut, mengingat program bedah rumah sudah lama mereka ajukan. Sedangkan Kadis Perkim melaporkan bahwa seharusnya ada 10 unit rumah yang akan dibedah di Desa Tanjung Dalam, namun beberapa calon penerima belum mampu melakukan swadaya karena di antaranya adalah lansia dan janda.

”Kita perlu mempertimbangkan ulang regulasinya agar masyarakat lansia dan janda dapat diberikan subsidi penuh, Misalnya dengan anggaran 20 juta, kita akan membangun sesuai dengan anggaran tersebut, fokus pada bagian yang paling mendesak, seperti atap, dinding atau lantai, karena regulasi saat ini masih berorientasi pada stimulan,” ungkap Rachmat Riyanto. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Erwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *