Pemkot Bengkulu Siap Tindaklanjuti Temuan BPK pada Exit Meeting LKPD 2023

Exit Meeting
Foto: Pemerintah Kota Bengkulu pada saat Exit Meeting LKPD Pemkot Bengkulu 2023, bersama BPK Perwakilan Bengkulu, Hadir PjWalikota Arif Gunadi, (Kiri) Kepala BPK Perwakilan Bengkulu Moh Toha (kanan) acara berlangsung di Balai Kota Merah Putih pada hari senin, (20/5/24). (ist/qq).

Pemkot Bengkulu Siap Tindaklanjuti Temuan BPK pada Exit Meeting LKPD 2023

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Penjabat Walikota Bengkulu Arif Gunadi bersama Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bengkulu Moh Toha beserta tim melakukan Exit Meeting terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkot Bengkulu tahun anggaran 2023 Pertemuan berlangsung di Balai Kota Merah Putih pada hari, Senin (20/5/24).

Rapat Exit Meeting ini juga dihadiri oleh Pj Sekda Eka Rika Rino, para asisten, staf ahli walikota, dan beberapa kepala OPD. Pada kesempatan tersebut, Moh Toha selaku Kepala Perwakilan BPK menyampaikan beberapa masukan dan temuan dengan harapan dapat segera ditindaklanjuti oleh Pemkot Bengkulu.

BACA JUGA: Exit Meeting Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dan BPK

“Pemeriksaan kami telah dilaksanakan selama 30 hari sejak 16 April lalu, dan hari ini kami menggelar exit meeting untuk menyampaikan beberapa masukan dan temuan, Kami berharap temuan ini dapat segera ditindaklanjuti dengan rencana tindak lanjut yang konkret,” ujar Toha.

Di sisi lain, Moh Toha juga memberikan apresiasi kepada Pemkot Bengkulu atas kerja sama yang baik selama proses pemeriksaan berlangsung.

”Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin selama pemeriksaan ini dan Kami juga berharap temuan-temuan ini dapat segera ditindaklanjuti untuk perbaikan ke depan,” kata Toha.

BACA JUGA: BPK RI dan Pemkab Rejang Lebong Gelar Exit Meeting Terkait LKPD 2023

Ia juga menambahkan bahwa BPK siap memberikan bantuan dan bimbingan kepada Pemkot Bengkulu dalam menindaklanjuti temuan-temuan tersebut.

“Kami siap mendampingi Pemkot Bengkulu dalam proses perbaikan ini, Kami berharap ke depan, laporan keuangan Pemkot Bengkulu akan semakin baik dan memenuhi standar akuntabilitas yang tinggi,” tambah Toha.

Menanggapi hal tersebut, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi menyatakan bahwa pihaknya siap menindaklanjuti semua masukan dan temuan dari BPK.

BACA JUGA: Optimis Pemkot Bengkulu Raih Predikat WTP ke-6 LKPD TA.2023

“Kami atas nama Pemkot Bengkulu mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim dari BPK Pada hari ini dan kita mengadakan exit meeting berkaitan dengan pemeriksaan keuangan yang terinci, Kami sudah siap menindaklanjuti semua masukan atau temuan yang disampaikan, dan Kami akan memperbaiki juga melengkapi apa yang perlu, Tentu kami berharap laporan keuangan Pemkot tahun 2023 mendapatkan hasil yang lebih baik,” ujar Arif.

Arif Gunadi menegaskan bahwa Pemkot Bengkulu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan dan memastikan transparansi serta akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Kami akan memastikan bahwa setiap temuan dari BPK ditangani dengan serius dan langkah-langkah perbaikan segera diimplementasikan,” tambah Arif.

BACA JUGA: Jelang Audit BPK, Pj Walikota Minta Inspektorat Lakukan ini

Dengan langkah-langkah yang telah direncanakan ini, Pemkot Bengkulu berharap dapat meningkatkan kualitas laporan keuangannya dan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam audit mendatang.

“Kami bertekad untuk terus memperbaiki sistem dan prosedur keuangan kami, Kami ingin memastikan bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan benar-benar digunakan untuk kepentingan masyarakat,” kata Arif.

Sebagai penutup, Arif menyampaikan bahwa Pemkot Bengkulu berkomitmen untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

BACA JUGA: Mengoptimalkan Penggunaan Anggaran: Ketua DPRD dan Wakil Bupati Seluma Terima LHP BPK

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan kami dan memastikan bahwa semua temuan BPK ditindaklanjuti dengan serius, Kami percaya bahwa dengan kerja sama yang baik, kami dapat mencapai hasil yang lebih baik di masa depan,” pungkas Arif.

Selanjutnya, Pj Sekda Eka Rika Rino juga menambahkan bahwa pihaknya telah menyusun rencana aksi untuk menindaklanjuti temuan BPK.

“Kami sudah menyiapkan tim khusus untuk menangani setiap temuan dan melakukan perbaikan sesuai dengan rekomendasi BPK, Kami berkomitmen untuk menjaga integritas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah,” ungkap Eka.

BACA JUGA: BPK RI Mulai Pemeriksaan Terperinci Pengelolaan dan Pembangunan Jalan Daerah di Provinsi Bengkulu

Para asisten dan staf ahli walikota yang hadir dalam rapat tersebut juga menekankan pentingnya kolaborasi antara semua pihak di Pemkot Bengkulu untuk menindaklanjuti temuan BPK. Mereka menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam menyelesaikan semua masalah yang ditemukan dan memastikan bahwa laporan keuangan tahun 2023 memenuhi standar yang ditetapkan.

Sementara itu, beberapa kepala OPD yang hadir dalam rapat tersebut menyatakan dukungannya terhadap langkah-langkah yang akan diambil oleh Pemkot Bengkulu. Mereka berjanji untuk memberikan data dan informasi yang diperlukan serta melakukan perbaikan di bidang masing-masing. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *