Pj Walikota Bengkulu Serahkan E-KTP kepada Siswa SMA IT IQRA: Inisiatif Jemput Bola Memudahkan Akses Pelayanan

Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi
Foto: Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi Didampingi Kadis Dukcapil, Widodo pada saat Penyerahan E-KTP siswa SMA IT IQRA Bengkulu, Pada hari Kamis, (13/6/24), (Ft/Ist).

Pj Walikota Bengkulu Serahkan E-KTP kepada Siswa SMA IT IQRA: Inisiatif Jemput Bola Memudahkan Akses Pelayanan

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Menjadi hari yang penuh kejutan bagi 12 siswa dan siswi SMA IT IQRA Kota Bengkulu. Saat mereka sedang asyik dalam kegiatan belajar mengajar, tiba-tiba Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, datang bersama Kadis Dukcapil, Widodo Pada Kamis, (13/6/2024), Kehadiran mereka tidak hanya memberikan kejutan, tetapi juga membawa kabar baik berupa penyerahan E-KTP bagi siswa yang telah berusia 17 tahun.

Kehadiran Pj Walikota Arif Gunadi disambut dengan penuh antusias oleh para siswa. Mereka tidak menyangka akan bertemu dengan pemimpin tertinggi kota di sekolah mereka, apalagi menerima E-KTP secara langsung dari tangan beliau. Suasana bahagia terpancar dari wajah para siswa saat menerima dokumen penting tersebut.

BACA JUGA: Dukcapil Kota Bengkulu Pastikan Ketersediaan Blangko e-KTP Aman Menjelang Pilkada 2024

“Saya sangat terkejut dan senang, Tidak pernah terpikirkan bahwa saya akan mendapatkan KTP langsung dari Pak Walikota,” ujar salah satu siswa dengan senyum lebar di wajahnya.

Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi menjelaskan bahwa pemberian KTP kepada siswa yang berusia 17 tahun adalah bagian dari upaya Pemkot Bengkulu untuk memberikan pelayanan prima dan memudahkan warga.

” Ini adalah salah satu bentuk pelayanan terbaik dari pemerintah, Kami ingin memudahkan anak-anak kita dalam mendapatkan KTP, Dengan metode jemput bola, kami melakukan perekaman data langsung di sekolah dan kemudian mengantarkan KTP yang sudah jadi ke alamat mereka, ” jelas Arif.

BACA JUGA: Disdukcapil Kota Bengkulu Maksimalkan Perekaman e-KTP untuk Pemilih Pemula Menjelang Pilkada

Metode jemput bola yang diterapkan oleh Pemkot Bengkulu melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) ini menjadi solusi efektif dalam mempercepat proses perekaman data E-KTP. Khususnya bagi siswa yang baru memasuki usia 17 tahun atau yang dikenal sebagai pemilih pemula. Langkah ini juga mempersiapkan mereka untuk ikut serta dalam pemilihan umum mendatang.

” Dalam kontes Pilkada atau pemilihan umum lainnya, mereka sudah bisa menggunakan hak pilih mereka karena telah memiliki KTP, Selain itu, jika ada kebutuhan lain yang memerlukan identitas resmi, mereka tidak perlu repot datang ke kantor Dukcapil karena kami sudah mendatangi mereka langsung, ” tambah Arif.

Arif Gunadi menegaskan bahwa semua siswa yang telah melakukan perekaman data akan menerima KTP mereka, “Setiap siswa yang sudah direkam datanya akan mendapatkan KTP, Kami pastikan semua dokumen akan diserahkan tepat waktu,” tegasnya.

BACA JUGA: Pemerintah Kota Bengkulu Jemput Bola Perekaman e-KTP Untuk Lansia

Kepemilikan KTP bagi siswa yang telah berusia 17 tahun memiliki berbagai manfaat. Selain hak untuk memilih dalam pemilu, KTP juga mempermudah akses mereka terhadap berbagai layanan publik dan administrasi lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari, KTP menjadi identitas penting yang diperlukan untuk banyak urusan, mulai dari membuka rekening bank hingga melamar pekerjaan.

“Kami ingin anak-anak kita siap menghadapi masa depan dengan segala dokumen yang mereka butuhkan, KTP adalah langkah awal menuju kemandirian mereka dalam berbagai aspek kehidupan,” kata Arif.

Arif Gunadi menegaskan bahwa Pemkot Bengkulu berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada warganya. “Kami akan terus berinovasi dan memastikan bahwa setiap warga, terutama pemilih pemula, mendapatkan hak mereka dengan mudah dan cepat, Kami ingin Bengkulu menjadi kota yang ramah dan efisien dalam memberikan pelayanan publik,” kata Arif.

BACA JUGA: Blangko e-KTP Aman, Pemilih Pemula di Kota Bengkulu Bisa Rekam Identitas dengan Lancar

Dukcapil Bengkulu, di bawah pimpinan Kadis Widodo, telah menerapkan pendekatan proaktif dengan metode jemput bola ini. Tim Dukcapil turun langsung ke lapangan untuk melakukan perekaman data, terutama di sekolah-sekolah. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

“Metode jemput bola ini sangat membantu, terutama bagi siswa yang mungkin kesulitan untuk datang langsung ke kantor Dukcapil, Kami datang ke mereka, memastikan semua data direkam dengan baik dan menyerahkan KTP langsung ke tangan mereka,” jelas Widodo. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *