Pemkot Bengkulu Luncurkan Beras SPHP Jelang Ramadan

Operasi Pasar Murah
Foto: Ilustrasi

Pemkot Bengkulu Luncurkan Beras SPHP Jelang Ramadan

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Dalam rangka menyediakan beras dengan harga terjangkau bagi masyarakat, Pemerintah Kota Bengkulu akan meluncurkan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang akan didistribusikan hingga ke tingkat Rukun Tetangga (RT) di 67 kelurahan. Program ini menetapkan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp57.500 per lima kilogram.

Asisten II Kota Bengkulu, Sehmi, pada hari Minggu (10/3), mengungkapkan bahwa pendistribusian beras SPHP ini diharapkan dapat segera menjangkau masyarakat dengan harga yang ekonomis. Kerja sama dengan Bulog dimaksudkan untuk stabilisasi harga beras di pasar, yang terutama akan berdampak pada Kota Bengkulu.

BACA JUGA: Bulog Perkuat Stok Pangan Nasional dengan Impor Beras 300 Ribu Ton

Distribusi beras SPHP akan berlangsung selama bulan Ramadan 1445 Hijriah, dengan mekanisme pembelian yang telah disesuaikan agar setiap Kepala Keluarga (KK) dapat membeli beras SPHP dengan batas 10 hingga 15 kilogram. Proses distribusi ini akan dikelola oleh petugas kelurahan dan kecamatan untuk memastikan distribusi yang merata.

“Beras SPHP ini ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya untuk kalangan tertentu, Dengan pembatasan pembelian per kartu keluarga, kami berharap beras ini dapat dinikmati oleh semua warga,” kata Sehmi.

BACA JUGA: Solusi di Tengah Kenaikan Harga Beras Premium, Pemerintah Imbau Konsumsi Produk Bulog

Program ini merupakan respons Pemerintah Kota Bengkulu terhadap kondisi harga beras premium lokal yang meningkat akibat penundaan waktu panen raya tahun ini. Sebagai solusi, pemerintah mengajak masyarakat untuk beralih ke beras Bulog, yang mencakup beras program SPHP dan beras komersial sebagai alternatif.

Erika Ariesanti, Kabid Pengembangan Perdagangan di Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagrin) Kota Bengkulu, menegaskan,

BACA JUGA: Atasi Dampak Inflasi Pemkot Bengkulu Bersama Bulog dan BI Akan Gelar Bazar Sembako Murah

“Mengingat kenaikan harga beras, kami mendorong masyarakat untuk memanfaatkan beras Bulog, khususnya beras SPHP, sebagai pilihan yang lebih terjangkau.” Tegas Erika.

Inisiatif ini diharapkan dapat membantu masyarakat Kota Bengkulu dalam memenuhi kebutuhan pokoknya menjelang bulan suci Ramadan, sekaligus membuktikan komitmen pemerintah daerah dalam menjamin ketersediaan pangan yang stabil dan terjangkau bagi warganya. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *