Pemkab Bengkulu Utara Bersama Forkopimda Gerak Cepat Jaga Stabilitas Harga Sembako Jelang Ramadhan

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara
Foto: Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara bersama Forkominda saat meninjau Gudang Beras milik Bulog, memastikan ketersedian Beras jelang Ramadhan, Pada hari jumat, (1/3/24).

Pemkab Bengkulu Utara Bersama Forkopimda Gerak Cepat Jaga Stabilitas Harga Sembako Jelang Ramadhan

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU UTARA – Menjelang Bulan Suci Ramadhan tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan terhadap harga dan ketersediaan sembako di Pasar Purwodadi Arga Makmur. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 1 Maret 2024, sebagai upaya proaktif mengantisipasi potensi lonjakan harga serta untuk memastikan ketersediaan bahan pokok masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, H. Fitriyansyah, S.STP, MM, bersama unsur Forkopimda seperti Kapolres, Dandim, Kajari, dan Bulog, serta Dinas Perdagangan dan instansi terkait lainnya, berkomitmen untuk mengawal stabilitas harga dan memastikan pasokan sembako tetap terjaga.

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara
Foto: Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara bersama Forkominda saat meninjau harga-harga di pasar Purwodadi menjelang Ramadhan, pada hari jumat, (1/3/24).

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya pencegahan inflasi di Bengkulu Utara serta pengawasan langsung terhadap lonjakan harga menjelang Ramadhan,” jelas Sekda H Fitriyansyah.

Tim gabungan yang terdiri dari berbagai unsur pemerintah ini mengunjungi beberapa pasar utama di Bengkulu Utara, termasuk Gedung Bulog, untuk memantau secara langsung harga dan pasokan bahan pokok.

BACA JUGA: Jelang Ramadhan, Harpindo Bengkulu Galang Aksi Sosial dan Doa Bersama di Panti Asuhan Al-Amin

“Ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan sembako di masyarakat,” ungkap Sekda H Fitriyansyah.

Pemerintah daerah menegaskan keseriusannya dalam memastikan bahwa ketersediaan dan stabilitas harga sembako, khususnya beras, tetap terjaga menjelang dan selama bulan suci Ramadhan.

“Berdasarkan hasil pengecekan kami, harga dan pasokan sembako di pasar masih dalam kondisi stabil, Namun kami akan terus memantau perkembangan harga dan pasokan hingga Ramadhan berlangsung,” tambah Fitriyansyah.

BACA JUGA: Inflasi Kota Bengkulu 0,61 Persen Februari 2024: Berikut Analisis dan Faktor Pemicu dari BPS

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Bengkulu Utara, AKBP. Lambe Patabang Birana, S.IK, MH, mengimbau masyarakat untuk proaktif melaporkan jika menemukan adanya penimbunan bahan pokok.

“Kami menghimbau masyarakat untuk segera melaporkan ke Polres atau Kapolsek terdekat jika menemukan informasi mengenai penimbunan bahan sembako, Kami akan segera bertindak untuk mengatasi hal tersebut,” tegas Kapolres AKBP Lambe Patabang Birana.

Kegiatan ini tidak hanya menegaskan keseriusan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan sembako, tetapi juga memperlihatkan sinergi yang solid antara pemerintah dan Forkopimda dalam menghadapi tantangan menjelang bulan puasa. Dengan upaya bersama, diharapkan masyarakat Bengkulu Utara dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang tanpa terganggu oleh permasalahan ekonomi seperti lonjakan harga sembako.

BACA JUGA: Solusi di Tengah Kenaikan Harga Beras Premium, Pemerintah Imbau Konsumsi Produk Bulog

Pengecekan harga dan ketersediaan sembako oleh Pemkab Bengkulu Utara dan Forkopimda ini merupakan langkah konkret dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi bulan Ramadhan. Hal ini juga menjadi bukti nyata dari komitmen pemerintah untuk selalu hadir dan berpihak kepada kepentingan masyarakat, khususnya dalam menjaga kesejahteraan dan stabilitas ekonomi di tengah kehidupan sehari-hari.

Melalui upaya sinergi dan koordinasi yang efektif antara semua pihak, diharapkan segala potensi masalah yang dapat mengganggu kestabilan harga dan pasokan sembako dapat diantisipasi dan diatasi sejak dini. Dengan demikian, kebutuhan pokok masyarakat Bengkulu Utara, khususnya menjelang dan selama bulan suci Ramadhan, dapat terpenuhi dengan baik, mendukung terciptanya suasana yang kondusif untuk menjalankan ibadah puasa.

Langkah proaktif Pemkab Bengkulu Utara dan Forkopimda dalam memastikan ketersediaan dan stabilitas harga sembako menjelang Ramadhan. Sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, aparat keamanan, dan instansi terkait lainnya menjadi kunci utama dalam menjaga kesejahteraan masyarakat dan stabilitas ekonomi di setiap daerah, khususnya dalam menyambut bulan suci yang penuh berkah. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *