Berendo Ramadhan: Pusat Kuliner Buka Puasa UMKM di Kota Bengkulu

Berendo Ramadhan
Foto: Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi saat Melihat Pasar Takjil Ramadhan di Berendo Ramadhan, (dok).

Berendo Ramadhan: Pusat Kuliner Buka Puasa UMKM di Kota Bengkulu

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Pemerintah Kota Bengkulu telah menginisiasi pembukaan pasar takjil Ramadhan, yang terletak di area ikonik pariwisata kota yaitu Berendo Ramadhan. Event ini berhasil menarik puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menawarkan beragam pilihan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Pasar takjil ini, yang diberi nama Berendo Ramadhan, berlangsung di halaman Masjid At-Taqwa, posisi yang sangat strategis karena berada tepat di pusat Kota Bengkulu dan juga merupakan alun-alun kota.

BACA JUGA: Berendo Ramadhan Resmi Dibuka: 500 Takjil Gratis Ludes

Menurut Gita Gama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bengkulu, Berendo Ramadhan ini diadakan sebagai bagian dari serangkaian program Ramadan dengan tujuan untuk menciptakan pasar baru yang bisa meningkatkan pertumbuhan UMKM.

“Kami menyediakan tempat bagi sekitar 30 pelaku usaha untuk berpartisipasi di Berendo Ramadhan, menjual berbagai jenis makanan, mulai dari menu buka puasa hingga sayur-sayuran,” terang Gita.

BACA JUGA: Pemkot Bagian Takjil Gratis di Berendo Ramadhan Bengkulu

Lokasi Berendo dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pasar takjil karena lokasinya yang sangat strategis dan statusnya sebagai salah satu landmark wisata di Kota Bengkulu yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat.

“Para pelaku usaha yang berpartisipasi di Barendo Ramadhan tidak dikenakan biaya sewa tempat, Mereka hanya perlu membayar biaya kebersihan dan keamanan sebesar Rp 5 ribu,” ucap Gita.

BACA JUGA: Berendo Ramadan Kota Bengkulu: Dukung UMKM dan Tradisi Ngabuburit

Gita berharap kehadiran Berendo Ramadhan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Bengkulu dan memberikan kesempatan bagi UMKM untuk berkembang lebih jauh.

Ervina Winata, seorang warga Kota Bengkulu, menyatakan bahwa keberadaan Barendo Ramadhan sangat membantunya dalam mencari menu berbuka puasa.

“Di Berendo Ramadhan, tersedia beragam menu berbuka puasa dan sahur, Bahkan makanan khas tempo dulu yang sulit ditemukan, bisa ditemukan di sini,” tutur Ervina.

BACA JUGA: Berendo Ramadan, Pusat Kuliner dan Takjil Terlengkap di Dunia

Kehadiran pasar takjil Berendo ini tidak hanya menjadi solusi bagi masyarakat yang mencari menu berbuka puasa, tapi juga sebagai sarana promosi dan pengembangan UMKM lokal. Ini merupakan langkah positif dari Pemerintah Kota Bengkulu dalam menggairahkan ekonomi lokal, sekaligus memperkaya pengalaman berbuka puasa bagi masyarakat dengan menyediakan pilihan menu yang beragam dan unik. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *