Transparansi Informasi Pemilu: Bawaslu Provinsi Bengkulu Sampaikan Laporan Layanan Informasi Publik

Laporan Layanan Informasi Publik
Foto: Apriyanto Kurniawan (Kanan) Kabag Pengawasan dan Humas Bawaslu Provinsi Bengkulu saat menyerahkan Laporan Layanan Informasi Publik ke Komisi Informasi Bengkulu, diterima oleh Murdan Lair (Kiri) sebagai Kepala Bidang Kelembagaan (KI), di Kantor Komisi Informasi Bengkulu pada hari senin, (25/3/24).

Transparansi Informasi Pemilu: Bawaslu Provinsi Bengkulu Sampaikan Laporan Layanan Informasi Publik

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Bengkulu menunjukkan komitmennya terhadap keterbukaan informasi publik dengan rutin mengupdate informasi kepada masyarakat. Berlandaskan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2021, Bawaslu Provinsi Bengkulu telah mengajukan Laporan Layanan Informasi Publik tahun 2023 pada hari Senin, 25 Maret 2024, di kantor Komisi Informasi (KI) Provinsi Bengkulu.

Penyerahan laporan tersebut diterima langsung oleh Kepala Bidang Kelembagaan KI Provinsi Bengkulu, Murdan Lair. Kabag Pengawasan dan Humas Bawaslu Provinsi Bengkulu, Apriyanto Kurniawan, bersama timnya, adalah yang menyampaikan laporan tersebut secara langsung.

Laporan Layanan Informasi Publik
Foto: Kabag Pengawasan dan Humas Bawaslu Provinsi Bengkulu, Apriyanto Kurniawan (Tengah) bersama timnya, saat berkunjung ke Komisi Informasi Bengkulu, diterima oleh Kepala Bidang Kelembagaan Murdan Lair (Baju Putih), Pertemuan Berlangsung di ruangan Ketua KI Bengkulu dalam penyerahan Laporan Layanan Informasi Publik pada hari senin, (25/3/24).

Apriyanto Kurniawan Menyatakan, Laporan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi Komisi Informasi Provinsi Bengkulu tentang berbagai aktivitas yang telah dilakukan oleh Bawaslu, khususnya terkait dengan layanan informasi publik yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu selama tahun 2023.

”Keterbukaan informasi ini diharapkan dapat mendukung transparansi dan memperkuat kepercayaan publik terhadap lembaga pengawas pemilu, Melalui laporan ini, Bawaslu Provinsi Bengkulu ingin memastikan bahwa semua kegiatan dan inisiatifnya, terutama yang berkaitan dengan layanan informasi publik, diketahui dan dapat diakses oleh masyarakat luas,” Ujar Apriyanto.

BACA JUGA: Bawaslu Bengkulu Gelar Sidang Pelanggaran Administratif Pemilu

Inisiatif Bawaslu Provinsi Bengkulu dalam menyampaikan laporan layanan informasi publik ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk mendukung prinsip keterbukaan dan akuntabilitas dalam setiap aktivitasnya. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja Bawaslu dalam memberikan pelayanan informasi yang cepat, tepat, dan akurat kepada masyarakat.

Kepala Bidang Kelembagaan Komisi Informasi Provinsi Bengkulu Murdan Lair Mengatakan, sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam mengawasi dan memastikan pelaksanaan undang-undang keterbukaan informasi publik, diharapkan dapat memberikan evaluasi dan saran yang membangun atas laporan yang disampaikan. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas layanan informasi publik yang disediakan oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu kedepannya.

BACA JUGA: Transparansi Data Pemilih: KPU Bengkulu Sambut Audiensi dari KIP Bengkulu

”Langkah proaktif Bawaslu Provinsi Bengkulu dalam meningkatkan keterbukaan informasi ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi lembaga-lembaga lain dalam meningkatkan keterbukaan informasi kepada masyarakat, Dengan demikian, diharapkan tercipta sebuah lingkungan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat,” Tutur Murdan Lair.

Lanjut Murdan Lair, Melalui penyerahan laporan ini, Bawaslu Provinsi Bengkulu berharap dapat terus memperkuat hubungan positif dengan Komisi Informasi Provinsi Bengkulu dan masyarakat umum. Kerja sama yang baik antara Bawaslu dengan berbagai pihak diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pemilu yang bersih, adil, dan transparan di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA: Jelang KIP Award 2023: Pemprov Bersama KIP Bengkulu Lakukan Penilaian

Penyerahan laporan layanan informasi publik oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu ini adalah sebuah langkah penting dalam membangun keterbukaan dan mendorong partisipasi publik dalam proses demokrasi. Melalui upaya ini, diharapkan masyarakat dapat lebih terlibat secara aktif dalam mengawasi dan berpartisipasi dalam proses demokrasi, khususnya terkait dengan pemilihan umum.

Selanjutnya, Bawaslu Provinsi Bengkulu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan informasi publiknya dan berharap dapat menerima masukan serta saran konstruktif dari Komisi Informasi Provinsi Bengkulu serta dari masyarakat umum. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya Bawaslu dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap aktivitas dan kebijakan yang diterapkan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *