Jelang KIP Award 2023: Pemprov Bersama KIP Bengkulu Lakukan Penilaian

KIP Bengkulu
Foto: Pemprov Bersama KIP Bengkulu Lakukan Penilaian menjelang KIP Award, tampak Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri didampingi oleh Wakil Ketua KIP Provinsi Bengkulu, Albert Setya Jaya, Pada hari senin, (27/11/23), ist/cek

Jelang KIP Award 2023: Pemprov Bersama KIP Bengkulu  Lakukan Penilaian

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU – Komisi Informasi Publik (KIP) Bengkulu aktif melakukan penilaian terhadap badan publik se-Provinsi Bengkulu dalam mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Kegiatan penilaian ini berlangsung di Ruang Pola Provinsi Bengkulu pada hari Senin, 27 November.

Proses penilaian melibatkan Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, sebagai salah satu juri bersama dengan Ketua KIP Bengkulu dan seorang Dosen Ilmu Komunikasi dari Universitas Bengkulu. Dalam penilaian ini, beberapa badan publik di Provinsi Bengkulu dinilai berdasarkan upaya mereka dalam menerapkan prinsip keterbukaan informasi publik sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

KIP Bengkulu
Foto: Jelang KIP Award 2023: Pemprov Bersama KIP Bengkulu  Lakukan Penilaian, acara berlangsung di Ruang Pola Pemda Provinsi Bengkulu, pada hari senin, (27/11/23).

Isnan Fajri, selaku Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, menjelaskan bahwa sejumlah badan publik telah dinilai, dan menurut pengamatannya, semuanya mendapatkan nilai yang baik dari dewan juri. Setiap instansi berhasil memaparkan program kerja dan keterbukaan informasi publik dengan baik dan jelas. Selain itu, diharapkan bahwa informasi tersebut telah diimplementasikan dalam praktik keterbukaan informasi di masing-masing instansi.

BACA JUGA: Transparansi Terbaik: PPID Kabupaten Seluma Sambut Tim Visitasi KIP Bengkulu

Dalam konteks instansi pemerintah, Sekda Isnan Fajri menyebut bahwa penilaian sudah dilakukan terhadap dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu Dinas Sosial dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Bengkulu. Isnan berharap bahwa inovasi yang telah dihadirkan oleh kedua OPD tersebut, khususnya terkait penyebarluasan dan keterbukaan informasi publik, dapat memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Wakil Ketua KIP Provinsi Bengkulu, Albert Setya Jaya, menjelaskan bahwa sebanyak 59 badan layanan publik masuk dalam penilaian. Jumlah tersebut terdiri dari 40 OPD Provinsi, 10 OPD Kabupaten Kota, dan 9 instansi vertikal. Seleksi administrasi dan kunjungan lapangan telah dilakukan terhadap 18 instansi yang masuk dalam tahap penilaian.

BACA JUGA: Pemeringkatan Keterbukaan Informasi: Kunjungan Tim KIP Provinsi Bengkulu ke Diskominfo Bengkulu Utara

Albert Setya Jaya menegaskan bahwa proses penilaian ini merupakan kegiatan tahunan, dan setelah penjurian selesai, acara KIP Award akan diadakan pada tanggal 7 Desember 2023. Melalui kegiatan ini, KIP Bengkulu bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada badan publik yang berhasil mencapai tingkat keterbukaan informasi publik yang optimal. (**)

Editor: (KB1) Share
Mangcek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *