Satpol PP dan Dishub Kota Bengkulu Siap Bantu Pengamanan Idul Fitri dengan Ops Nala 2024

Idul Fitri
Foto: Satpol - PP bersama Pihak Keamanan.

Satpol PP dan Dishub Kota Bengkulu Siap Bantu Pengamanan Idul Fitri dengan Ops Nala 2024

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu mengerahkan sebanyak 12 personel setiap hari untuk mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat Nala 2024, yang bertujuan untuk memastikan keamanan selama Hari Raya Idul fitri 1445 Hijriah. Operasi ini berlangsung selama 13 hari, dimulai dari tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Yurizal, selaku Kepala Satpol PP, pada hari Minggu (7/4), menyatakan bahwa penugasan personel ini bertujuan untuk memelihara keamanan, ketertiban, dan kenyamanan masyarakat baik sebelum maupun setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

BACA JUGA: Polres Mukomuko Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Nala 2024 Pengamanan Lebaran

“Kami berharap, dengan adanya upaya ini, kondisi di wilayah Kota Bengkulu selama Idul Fitri dapat terjaga aman dan kondusif,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan harapan agar keamanan dalam arus lalu lintas pemudik dapat berlangsung lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Sebagai langkah konkrit, Satpol PP juga menugaskan personel per peleton untuk melakukan patroli. Tugas patroli ini mencakup pemantauan aktivitas pedagang di pasar agar tidak berjualan di tepi jalan yang dapat menyebabkan kemacetan.

BACA JUGA: Operasi Ketupat Nala 14 Hari Ini Pesan Kapolda Bengkulu

Dalam operasi yang sama, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu juga berkontribusi dengan mengerahkan 72 personelnya untuk mendukung kegiatan pengamanan selama puncak arus mudik dan balik Lebaran 1445 H.

Menurut Hendri Kurniawan, Kepala Dinas Perhubungan, 72 personel tersebut terdiri dari 42 petugas lalu lintas Dishub, 10 petugas Pencahayaan Jalan Umum (PJU) dan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL), serta 20 taruna dari STTD, PKTJ, dan ASDP. Mereka akan bersiaga bersama petugas Polri di pos pengamanan dan pelayanan.

BACA JUGA: Forkominda Gelar Rakor Lintas Sektoral Jelang Operasi Ketupat 2024 Kota Bengkulu

Hendri juga mengimbau masyarakat Kota Bengkulu yang berencana mudik agar selalu menjaga ketertiban berlalu lintas, berhati-hati selama perjalanan, dan mengurangi kecepatan kendaraan untuk memastikan keselamatan hingga tiba di tujuan.

Lebih lanjut, Hendri menekankan larangan penggunaan mobil bak terbuka untuk mengangkut penumpang, mengingat potensi bahaya yang dapat ditimbulkannya. Mobil bak terbuka seharusnya digunakan untuk mengangkut barang, bukan penumpang, Hendri menegaskan bahwa tindakan akan diambil terhadap mereka yang melanggar aturan ini, mulai dari pembinaan hingga penindakan tegas berupa denda tilang oleh Kepolisian, guna memberikan efek jera. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *