Promosikan Produk Lokal, APMIKIMMDO Bengkulu Ikuti “Gerak UMKM Fair 2024 On School Bengkulu”

APMIKIMMDO Bengkulu
Foto: DPD APMIKIMMDO Bengkulu pada saat mengikuti kegiatan Gerak UMKM Fair 2024 Onshool Bengkulu, Dari (kanan) Sylvia Hera Nur Owner Kopi Semidang Bukit Kabu Coffee, (Tengah) Desma Owner Abdan Snack dan (Kiri) Emi Nurlaili, Owner Kopi Robusta Bunda QQ Kepahiang-Bengkulu, Acara Berlangsung di Taman Budaya Bengkulu Pada hari Jumat, (24/5/24, (Foto: Ist/qq).

Promosikan Produk Lokal, APMIKIMMDO Bengkulu Ikuti “Gerak UMKM Fair 2024 On School Bengkulu”

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU|| Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (APMIKIMMDO) Provinsi Bengkulu turut serta dalam kegiatan Gerak UMKM Fair 2024 On School Bengkulu yang diadakan di Taman Budaya Bengkulu. Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu ini berlangsung selama dua hari, dimulai pada Jumat, 24 Mei 2024, hingga Sabtu 25 Mei 2024.

Ketua APMIKIMMDO Provinsi Bengkulu, Sylvia Hera Nur, menjelaskan bahwa sebelum menerima undangan untuk mengikuti kegiatan Gerak UMKM Fair 2024 On school Bengkulu, mereka telah mengutus tiga pelaku usaha UMKM yang berada di bawah naungan APMIKIMMDO. Produk yang ditampilkan meliputi olahan kopi dan makanan ringan. Beberapa produk unggulan yang dipamerkan adalah Kopi Semidang Bukit Kabu dari Bengkulu Tengah, Kopi Robusta Bunda QQ dari Kepahiang-Bengkulu, serta olahan makanan seperti kacang telor dan kripik.

APMIKIMMDO Bengkulu
Foto: DPD Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia Bengkulu Menampilkan Produk Olahan pada acara Gerak UMKM Fair 2024 On school Bengkulu, di taman Budaya Bengkulu, pada hari Jumat, (24/5/24). (Ist/qq)

“Dengan berpartisipasi dalam Gerak UMKM Fair 2024 On school Bengkulu, kami berharap produk UMKM dapat dikenal lebih luas dan berkesempatan mengikuti kontes hingga tingkat nasional,” ujar Sylvia yang juga merupakan pemilik Kopi Semidang Bukit Kabu Coffee.

Sylvia Hera Nur, yang akrab disapa Sylvi, menekankan bahwa UMKM merupakan sarana penting untuk publikasi dan pemasaran. Tujuan utama dari partisipasi ini adalah memperkenalkan produk makanan khas daerah kepada masyarakat luas. Ia juga mendorong pelaku UMKM untuk terus menciptakan inovasi baru dalam setiap menu makanan, meningkatkan rasa dan mutu produk, agar diterima di pasar yang lebih luas.

BACA JUGA: Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu Gencarkan Pendidikan dan Pelatihan UMKM

“Ciptakan inovasi baru dalam setiap menu makanan. Tingkatkan rasa dan mutu agar produk dapat diterima di pasar,” ungkap Sylvia.

Sylvia Hera Nur berharap acara seperti ini dapat terus diselenggarakan secara rutin. Menurutnya, pameran UMKM memberikan banyak manfaat, mulai dari promosi produk hingga peningkatan kapasitas dan pengetahuan bagi para pelaku UMKM. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung produk lokal dan membantu UMKM dalam upaya meningkatkan perekonomian daerah.

“Mari kita dukung produk lokal dan bantu UMKM untuk terus berkembang. Dengan begitu, kita bisa membantu meningkatkan perekonomian daerah,” tutur Sylvia.

BACA JUGA: Dukungan UMKM Hari HAKI, Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Beli Produk KIK

Di tempat yang sama, Emi Nurlaili, pemilik Kopi Robusta Bunda QQ Kepahiang-Bengkulu, menyampaikan bahwa mereka menampilkan produk olahan bubuk kopi 100% robusta petik merah. Kopi Robusta Bunda QQ telah sering mengikuti berbagai bazar UMKM yang diselenggarakan oleh pemerintah. Emi menjelaskan bahwa mereka memiliki kebun kopi sendiri dan mengolahnya secara mandiri.

“Kopi kami, Bunda QQ Robusta 100% Petik Merah, dipetik dari kebun kami sendiri dan diolah secara mandiri,” tutur Emi.

Desma, pemilik Abdan Snack, juga berbagi pengalamannya. Semua produk Abdan Snack diolah sendiri di rumah. Desma merasa bersyukur karena produk olahan mereka sudah siap stok, sehingga bisa langsung tampil dalam Gerak UMKM Fair 2024 On school Bengkulu. Desma mengaku diberitahu oleh DPD APMIKIMMDO tentang acara tersebut pada malam sebelumnya, dan mereka segera mempersiapkan produk untuk ditampilkan.

BACA JUGA: Kemenag Kota Bengkulu Gencarkan Sosialisasi Wajib Sertifikat Halal bagi UMKM

“Semua produk kami diolah sendiri di rumah. Alhamdulillah, produk olahan kami Ready stok sehingga bisa langsung tampil di acara ini,” kata Desma.

Gerak UMKM Fair 2024 On school Bengkulu tidak hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan produk, tetapi juga sebagai wadah untuk meningkatkan jejaring dan kerjasama antar pelaku usaha kecil dan menengah. Partisipasi dalam acara ini diharapkan dapat membuka peluang baru dan memperluas pasar bagi produk-produk UMKM dari Provinsi Bengkulu.

Kegiatan seperti Gerak UMKM Fair 2024 On school Bengkulu menjadi momentum penting bagi pelaku UMKM untuk memamerkan inovasi mereka dan meraih peluang bisnis yang lebih luas. Semoga dengan adanya acara ini, UMKM di Bengkulu semakin maju dan mampu bersaing di pasar global. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *