Polresta Bengkulu Tangkap Tiga Pelaku Pungli Parkir di Festival Tabut 2024

Polresta Bengkulu
Polresta Bengkulu Tangkap Tiga Pelaku Pungli Parkir di Festival Tabut 2024, (Ft/Ist).

Polresta Bengkulu Tangkap Tiga Pelaku Pungli Parkir di Festival Tabut 2024

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bengkulu berhasil menangkap tiga orang pelaku pungutan liar (pungli) retribusi parkir di kawasan Festival Tabut yang berlangsung di Kelurahan Jitra Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, adapun Ketiga pelaku diamankan adalah WS (37) US (55) keduanya warga Kelurahan Kebun Ros dan MFS (20) warga Kelurahan Sukamerindu.

“Ketiga pelaku bertindak sebagai juru parkir liar yang beroperasi di jalur tengah dari Simpang Jitra menuju Bundaran Bank Indonesia atau Jalan Ahmad Yani, Kota Bengkulu,” ujar Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Deddy Nata, saat dihubungi via telepon di Bengkulu, Rabu, (10/7/24).

BACA JUGA: Waspada Pungli Parkir! Pemkot Bengkulu Imbau Pengunjung Festival Tabut 2024 untuk Melapor

Penangkapan ketiga pelaku dilakukan karena mereka memungut retribusi parkir yang tidak sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Bengkulu. Mereka meminta uang sebesar Rp10 ribu untuk kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat. Padahal, sesuai Perda Pemkot Bengkulu Nomor 1 Tahun 2024, tarif retribusi parkir yang berlaku adalah Rp2 ribu untuk kendaraan bermotor dan Rp3 ribu untuk kendaraan roda empat.

Selain itu, Deddy menjelaskan, para pelaku menarik retribusi parkir di atas badan jalan selama Festival Tabut 2024 berlangsung, Ketiganya juga tidak memiliki Surat Perintah Tugas (SPT), yang seharusnya menjadi syarat untuk melakukan tugas tersebut.

BACA JUGA: Dishub Kota Bengkulu Awasi Parkir Liar, Langkah Tegas untuk Menjaga Ketertiban

Saat ini, ketiga pelaku sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh Reskrim Polresta Bengkulu. Deddy mengingatkan kepada seluruh petugas parkir yang beroperasi di lokasi Festival Tabut agar mematuhi ketentuan tarif parkir sesuai Perda Kota Bengkulu.

“Jika masih ada petugas parkir yang melakukan pungutan dengan tarif yang tidak sesuai ketentuan, mereka akan diamankan dan ditindak sesuai hukum yang berlaku,” tegas Deddy.

Dalam upaya menjaga ketertiban dan kenyamanan selama Festival Tabut, Polresta Bengkulu melakukan operasi rutin untuk mencegah praktek pungli yang meresahkan masyarakat. Penangkapan tiga pelaku pungli ini merupakan hasil dari operasi tersebut dan menjadi contoh bahwa pihak kepolisian serius dalam menindak pelanggaran yang terjadi.

BACA JUGA: Alfamart Pastikan Parkir Gratis di Gerai Bengkulu, Pemkot Bengkulu Dukung Penuh

”Dengan adanya operasi ini, kami berharap masyarakat merasa lebih aman dan nyaman saat berkunjung ke Festival Tabut, Kami juga ingin memberikan efek jera kepada para pelaku pungli agar tidak ada lagi yang berani melakukan praktek serupa,” ujar Kapolresta Bengkulu.

Selain penindakan, Polresta Bengkulu juga mengedukasi petugas parkir tentang pentingnya mematuhi aturan yang berlaku, “Kami telah memberikan sosialisasi kepada petugas parkir agar mereka memahami tarif resmi yang telah ditetapkan dan tidak melakukan pungutan di luar ketentuan,” tambah Deddy.

Polresta Bengkulu juga mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam mengatasi praktek pungli, “Partisipasi masyarakat sangat penting, Kami meminta warga untuk segera melaporkan jika menemukan adanya pungutan liar, Laporan dari masyarakat akan membantu kami dalam mengambil tindakan cepat dan tepat,” kata Kapolresta.

BACA JUGA: Pemkot Mulai Berlakukan Penyesuaian Tarif Parkir Bengkulu 2024

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah menghimbau seluruh masyarakat yang berkunjung ke Festival Tabut untuk dapat melaporkan ke pihak kepolisian atau tim siber pungli jika menemukan adanya pungutan liar parkir di atas tarif yang telah ditetapkan pemerintah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bengkulu, Gitagama Raniputera, menegaskan, “Biaya parkir di atas ketentuan adalah pungli yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Silakan laporkan ke pihak yang berwajib karena kami sudah memiliki satgas siber pungli.” (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *