Pj Walikota Bengkulu Hadiri Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan

Rakernas APEKSI XVII
Foto: Pemerintah Kota Bengkulu pada saat tiba Di Balikpapan dalam menghadiri Rakernas APEKSI XVII, pada hari senin, (3/6/24), (Foto: MCKB).

Pj Walikota Bengkulu Hadiri Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan, Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi Antar Kota

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU|| Penjabat Walikota Bengkulu Arif Gunadi, bersama dengan Pj Ketua TP PKK Kota Bengkulu Ny Dwi Ratnawati, didampingi oleh Pj Sekda Eka Rika Rino, Asisten I Eko Agusrianto, serta beberapa Kepala OPD, tiba di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Pada Senin sore (3/6), Kehadiran mereka di Balikpapan bertujuan untuk mengikuti rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII yang berlangsung dari 1 hingga 6 Juni 2024,

Rakernas ini dijadwalkan akan dibuka pada tanggal 4 Juni 2024 dan akan dihadiri oleh 98 kepala daerah serta 11 Sekda. Acara ini mencakup berbagai kegiatan seperti Youth City Changers, Gala Dinner, Rapat Kerja, Indonesia City Expo & ICE Forum Bisnis, Karnaval Budaya Nusantara, Sarasehan Istri Walikota, Pentas Seni, City Tour, Penanaman Pohon, Cooking Class, Jetski Sport, Senam Bersama, Sarapan Bersama, dan KMF Pokja Perubahan Iklim & WMF PERPAMSI.

BACA JUGA: Penjabat Walikota Bengkulu Arif Gunadi Ikut Serta dalam Munaslub APEKSI 2023

Para peserta Rakernas XVII APEKSI 2024 terdiri dari Walikota/Wakil Walikota, Ketua TP-PKK/Dekranasda, para pendamping/OPD Pemerintah Kota, serta para pemuda dari berbagai kota di seluruh Indonesia, Agenda utama dari APEKSI ini adalah pemilihan Ketua APEKSI untuk periode 2024-2029, Selain itu Pemerintah Kota Balikpapan sebagai tuan rumah akan menjelaskan peran mereka sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Dalam wawancara terpisah, Arif Gunadi menyampaikan harapannya sebagai kepala daerah agar Rakernas APEKSI ini dapat menjadi forum yang produktif untuk bertukar pengalaman dan ide dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada pemerintahan. Ia menekankan bahwa Rakernas APEKSI XVII di Kota Balikpapan merupakan momentum penting bagi pemerintah daerah untuk bersinergi dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang pembangunan di era yang semakin kompleks.

Arif Gunadi berharap kehadiran seluruh kepala daerah dari 98 kota se-Indonesia dapat memberikan kontribusi positif dalam menyusun strategi penguatan kinerja pemerintah kota di masa mendatang, Menurutnya, kolaborasi dan pertukaran pengetahuan di antara para pemangku kepentingan pemerintahan daerah sangat penting untuk mewujudkan kota-kota yang lebih berkualitas dan berdaya saing, termasuk Kota Bengkulu.

BACA JUGA: Pembakaran Sampah di UINFAS, Damkar Bertindak Hampir Menyentuh Permukiman

Selain itu, Rakernas ini juga diharapkan dapat menjadi platform bagi para pemimpin daerah untuk membahas isu-isu penting seperti perubahan iklim, ketahanan pangan, pengembangan ekonomi lokal, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Dengan adanya forum ini, para walikota dan wakil walikota dapat belajar dari keberhasilan dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota lain, sehingga dapat diterapkan di daerah masing-masing.

Arif Gunadi menambahkan bahwa partisipasi Kota Bengkulu dalam Rakernas APEKSI ini merupakan langkah strategis untuk mempromosikan potensi dan keunggulan Kota Bengkulu di tingkat nasional.

” Kami berharap dapat menjalin kerjasama yang lebih erat dengan kota-kota lain dan mengadopsi praktik-praktik terbaik yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bengkulu, ” ujar Arif.

BACA JUGA: Kota Bengkulu Terima Dana Insentif Fiskal 2024 Sebesar Rp26,59 Miliar

Kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi Kota Bengkulu untuk memperluas jaringan dan kemitraan dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah pusat, swasta, maupun organisasi internasional.

“Dengan membangun hubungan yang kuat dengan berbagai pihak, kita dapat mempercepat pembangunan di Kota Bengkulu dan menghadapi tantangan global dengan lebih baik,” tambahnya.

Rakernas APEKSI XVII di Kota Balikpapan juga akan menjadi ajang penting untuk memperkuat kolaborasi antar kota di Indonesia. “Kami sangat berharap dapat belajar dari kota-kota lain yang telah berhasil mengatasi tantangan serupa dan menerapkan solusi inovatif di daerah mereka,” kata Arif.

BACA JUGA: Hadiri Peluncuran MCP Tahun 2023, Gubernur Rohidin: Kita Siap Dukung Program KPK RI

Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya terbatas pada pertukaran pengetahuan, tetapi juga mencakup kerja sama konkret dalam berbagai proyek pembangunan. Misalnya, Kota Bengkulu dapat bekerja sama dengan kota lain dalam pengembangan teknologi informasi untuk pelayanan publik atau dalam pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Rakernas APEKSI XVII di Kota Balikpapan merupakan momentum penting bagi Pemerintah Kota Bengkulu untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah lain di Indonesia. Melalui pertukaran pengalaman dan ide, serta kolaborasi dalam berbagai program dan inisiatif, diharapkan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat di Kota Bengkulu dapat terus meningkat.

Arif Gunadi menyampaikan keyakinannya bahwa hasil dari Rakernas ini akan membawa dampak positif bagi pembangunan di Kota Bengkulu. ” Dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, kami yakin dapat mewujudkan Bengkulu sebagai kota yang lebih maju, berkualitas dan berdaya saing tinggi, ” pungkasnya. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *