Pemkot Bengkulu Perketat Pengawasan PPDB 2024 untuk Hindari Praktik Pungli

PPDB 2024 Bengkulu
Foto: Kepala Dikbud Kota Bengkulu, A. Gunawan, Pemkot Bengkulu Perketat Pengawasan PPDB 2024 untuk Hindari Praktik Pungli, (Ft/ist).

Pemkot Bengkulu Perketat Pengawasan PPDB 2024 untuk Hindari Praktik Pungli

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) memperketat pengawasan pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 yang akan dimulai pada 24 Juni 2024, Langkah ini diambil guna memastikan proses penerimaan berjalan dengan baik dan bebas dari praktik pungutan liar (pungli).

Kepala Dikbud Kota Bengkulu, A. Gunawan, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melibatkan berbagai instansi terkait, seperti Ombudsman dan Inspektorat, untuk mengawasi jalannya PPDB.

BACA JUGA: Dikbud Kota Bengkulu Perketat Pengawasan PPDB 2024, Cegah Pungli dan Kecurangan

”Kami telah melakukan berbagai upaya pengawasan untuk memastikan pelaksanaan PPDB berjalan dengan baik, Setiap tahapan pelaksanaan PPDB akan diawasi ketat,” jelas Gunawan.

Dia menambahkan, jika ditemukan adanya praktik pungli di sekolah selama proses PPDB, maka Dikbud tidak akan ragu untuk melaporkan kasus tersebut kepada pihak berwajib.

”Jika terbukti ada pungli, kami akan serahkan kasus tersebut kepada pihak yang berwajib dan mengambil tindakan tegas,” tegas Gunawan.

BACA JUGA: Peluncuran PPDB 2024/2025: Gubernur Bengkulu Tekankan Transparansi dan Keadilan dalam Penerimaan Siswa Baru

Gunawan juga menekankan bahwa saat ini di wilayah Kota Bengkulu tidak ada lagi istilah sekolah favorit. Semua sekolah dianggap memiliki peringkat yang sama, sehingga masyarakat diimbau untuk memanfaatkan sistem zonasi yang telah diterapkan.

”Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk memilih sekolah yang dekat dengan tempat tinggal mereka, jangan menginginkan sekolah yang jauh,” kata Gunawan.

Proses PPDB di Kota Bengkulu akan berlangsung dari 24 hingga 26 Juni, dan hasil penerimaan akan diumumkan pada 28 Juni 2024. Dalam proses ini, terdapat empat jalur penerimaan untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP), yaitu jalur zonasi (50 persen), jalur prestasi (30 persen), jalur afirmasi (15 persen), dan jalur perpindahan orang tua (5 persen). Sedangkan untuk tingkat sekolah dasar (SD), jalur zonasi mendapatkan porsi 80 persen, dengan sisanya untuk jalur afirmasi dan perpindahan orang tua.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu Siap Gelar PPDB Tahun 2024, Ini Jalur dan Jadwal Pendaftarannya

Gunawan berharap bahwa dengan adanya pengawasan yang ketat dan transparansi dalam proses PPDB ini, kepercayaan masyarakat terhadap sistem pendidikan di Kota Bengkulu akan meningkat. Selain itu, dia juga berharap agar semua pihak yang terlibat dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa proses PPDB berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Dengan adanya pengawasan ketat ini, kami berharap masyarakat dapat merasa tenang dan percaya bahwa proses PPDB akan berjalan dengan jujur dan adil, Kami juga berharap semua pihak yang terlibat, baik dari pihak sekolah, orang tua dan instansi terkait, dapat bekerja sama untuk menyukseskan PPDB tahun ini,” tutur Gunawan.

Gunawan juga menegaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai mekanisme untuk menampung keluhan dan laporan dari masyarakat terkait pelaksanaan PPDB. Masyarakat diimbau untuk melaporkan jika menemukan adanya pelanggaran atau ketidakberesan dalam proses penerimaan siswa baru.

BACA JUGA: PPDB Kota Bengkulu: Dinas Dikbud Siap Gelar Penerimaan SD dan SMP Tahun 2024

“Kami telah menyiapkan saluran untuk menerima keluhan dan laporan dari masyarakat, Jika ada yang menemukan pelanggaran atau ketidakberesan dalam proses PPDB, silakan melapor kepada kami, Kami akan menindaklanjuti setiap laporan dengan serius,” kata Gunawan.

Dia menambahkan bahwa transparansi dan akuntabilitas dalam proses PPDB merupakan prioritas utama Dikbud Kota Bengkulu. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama dalam hal penerimaan siswa baru.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama dalam hal penerimaan siswa baru, Transparansi dan akuntabilitas adalah prioritas kami, Kami ingin memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas,” tegas Gunawan.

BACA JUGA: Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Tegaskan PPDB 2024 Bebas Pungli dan Kecurangan

Dengan adanya langkah-langkah pengawasan yang ketat dan sistem zonasi yang diterapkan, diharapkan proses PPDB tahun 2024 di Kota Bengkulu dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Pemerintah Kota Bengkulu bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan bahwa setiap anak di Kota Bengkulu mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas.

Penjabat Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, juga mendukung penuh langkah-langkah yang diambil oleh Dikbud dalam pengawasan pelaksanaan PPDB. Dia berharap agar semua pihak dapat bekerja sama untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan bebas dari praktik-praktik yang merugikan masyarakat.

“Kami mendukung penuh langkah-langkah yang diambil oleh Dikbud dalam pengawasan pelaksanaan PPDB, Kami berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan bebas dari praktik-praktik yang merugikan masyarakat, Mari kita bersama-sama mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak kita,” ujar Arif Gunadi. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *