Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Tegaskan PPDB 2024 Bebas Pungli dan Kecurangan

PPDB 2024 Kabupaten Seluma
Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Tegaskan PPDB 2024 Bebas Pungli dan Kecurangan, (Ft/Ist/RA).

Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Tegaskan PPDB 2024 Bebas Pungli dan Kecurangan

KANTOR-BERITA.COM, SELUMA|| Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sering menjadi momen rawan terjadinya kecurangan, pungutan liar, dan suap. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu bersama Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) terus mendorong semua pihak yang terlibat untuk memastikan PPDB 2024 berjalan dengan terbuka dan transparan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Seluma juga tidak terkecuali dalam upaya ini. Mereka berkomitmen untuk memastikan tidak ada pungutan liar (pungli) saat pembukaan PPDB Tahun Ajaran 2024/2025 yang dijadwalkan pada 24-28 Juli mendatang. Komitmen ini terutama berlaku untuk jenjang pendidikan SD dan SMP yang berada di bawah naungan Pemda Kabupaten Seluma.

BACA JUGA: Dikbud Kota Bengkulu Perketat Pengawasan PPDB 2024, Cegah Pungli dan Kecurangan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, Farzian, menegaskan bahwa pihaknya tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi jika ditemukan indikasi pungli.

“Kami tidak akan mentolerir adanya pungli atau bentuk kecurangan lainnya, Semua pelanggaran akan ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegas Farzian.

Sebagai bagian dari upaya pencegahan pungli dan kecurangan, Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma juga melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan pihak sekolah.

BACA JUGA: Peluncuran PPDB 2024/2025: Gubernur Bengkulu Tekankan Transparansi dan Keadilan dalam Penerimaan Siswa Baru

“Kami terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya proses PPDB yang bersih dan transparan, Sosialisasi ini penting agar semua pihak memahami dan mendukung upaya ini,” ungkap Farzian.

Farzian juga mengingatkan orang tua untuk tidak memaksakan diri memasukkan anaknya ke sekolah tertentu. Dengan adanya sistem zonasi, konsep sekolah favorit dan tidak favorit sudah tidak relevan lagi.

“Semua sekolah pada dasarnya sama, Yang terpenting adalah bagaimana anaknya belajar dan berkembang,” tambahnya.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu Siap Gelar PPDB Tahun 2024, Ini Jalur dan Jadwal Pendaftarannya

Farzian berharap orang tua dapat lebih bijak dalam memilih sekolah dan tidak terpengaruh oleh persepsi lama tentang sekolah favorit.

Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan pelaksanaan PPDB yang adil dan terbuka. Mereka berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tanpa diskriminasi dan tanpa adanya pungli.

 “Kami ingin menciptakan lingkungan pendidikan yang jujur dan adil, Dengan demikian, kita dapat mendidik anak-anak kita dengan cara yang benar dan membekali mereka dengan nilai-nilai integritas sejak dini,” ujar Farzian. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rego

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *