Pemkot Bengkulu Izinkan Penggunaan Mobil Dinas Idul Fitri 1445H dengan Syarat Bijaksana

Mobil Dinas
Foto: Ilustrasi Mobil Dinas

Pemkot Bengkulu Izinkan Penggunaan Mobil Dinas Idul Fitri 1445H dengan Syarat Bijaksana

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menegaskan bahwa tidak ada larangan terkait penggunaan mobil dinas saat perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, selama digunakan sesuai dengan kondisi, situasi, dan fungsi yang tepat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bengkulu, Gita Gama, pada Rabu (27/3). Gita menegaskan kembali bahwa penggunaan kendaraan dinas diperbolehkan asalkan digunakan secara bijaksana dan hati-hati.

BACA JUGA: Peringatan Besok di Mulai Razia Kendaraan: Kendaraan mati Pajak Akan Ditahan

”Guna penggunaan kendaraan dinas menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, secara khusus pemerintah kota tidak mengeluarkan larangan, tetapi lebih kepada imbauan, Artinya dalam penggunaan kendaraan dinas, sebaiknya jika digunakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka merayakan Idul Fitri, agar digunakan dengan baik, bijaksana dan hati-hati,” ujar Gita.

Lebih lanjut, Gita menyarankan untuk lebih kritis dalam menggunakan kendaraan milik negara selama Idul Fitri, sehingga dapat memilih waktu dan situasi yang tepat untuk menggunakan mobil dinas guna mendukung mobilitas individu.

BACA JUGA: ASN Kota Bengkulu Dilarang Gunakan Mobil Dinas Saat Liburan

Namun demikian, penggunaan kendaraan dinas memiliki batasan tertentu secara etika. Jika penggunaannya berdampak negatif terhadap institusi atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD), maka disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan dinas.

“Kami tidak melarang, namun secara etika, sebaiknya teman-teman ASN yang memiliki amanah untuk menggunakan kendaraan dinas dapat mempertimbangkan situasi dan kondisi yang ada di Kota Bengkulu,” jelas Gita.

BACA JUGA: Persiapan Mudik Lebaran: Dishub Kota Bengkulu Imbau Pentingnya Uji KIR

Apabila terjadi penyalahgunaan penggunaan kendaraan dinas oleh ASN selama liburan Idul Fitri 1445 Hijriah, maka akan ada sanksi yang diberikan. Sanksi tersebut akan disesuaikan dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh ASN tersebut.

”Jadi, dengan etika yang saya maksudkan, jika misalnya hanya untuk silaturahmi di lingkungan Kota Bengkulu atau mengajak anak yatim untuk berwisata karena kendaraan pribadi terbatas, maka penggunaan mobil dinas diperbolehkan,” tegas Gita.

BACA JUGA: Bank Bengkulu Cabang Jakarta Berikan Kendaraan Listrik untuk Anjungan Bengkulu di TMII

Dengan demikian, Pemerintah Kota Bengkulu menegaskan bahwa penggunaan mobil dinas selama perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan memperhatikan nilai-nilai etika, demi menjaga integritas institusi dan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *