Persiapan Mudik Lebaran: Dishub Kota Bengkulu Imbau Pentingnya Uji KIR

Uji KIR
Foto: Ilustrasi/Net

Persiapan Mudik Lebaran: Dishub Kota Bengkulu Imbau Pentingnya Uji KIR

KANTOR-BERITA.COM, KKOTA BENGKULU – Dengan mendekatnya Hari Raya Idulfitri 1445 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu menekankan pentingnya bagi pengusaha angkutan untuk melaksanakan Uji KIR pada kendaraan mereka. Langkah ini diambil untuk menjamin kelaikan kendaraan mereka untuk beroperasi, khususnya dalam melayani penumpang yang akan mudik Idulfitri 1445 H.

Hendri Kurniawan, sebagai Kepala Dishub, menekankan bahwa semua pengelola usaha angkutan, baik yang beroperasi antar kota maupun antar provinsi di Kota Bengkulu, harus memastikan kendaraan mereka layak jalan. Uji KIR atau uji kendaraan bermotor menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi oleh kendaraan angkutan penumpang yang akan beroperasi selama periode mudik lebaran, sebagai bentuk penjaminan keselamatan penumpang.

BACA JUGA: PT PLN dan Dishub Kota Bengkulu Luncurkan Program “Light Up The Dream”

Hendri menyatakan, tujuan dari imbauan ini adalah untuk menghindarkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kondisi kendaraan yang tidak layak operasi. Dia menegaskan bahwa semua pengelola usaha angkutan, termasuk travel dan perusahaan otobus (PO), harus memastikan kendaraan mereka telah lulus uji KIR.

”Kendaraan yang tidak memiliki dokumen uji KIR tentu tidak boleh dioperasikan, karena itu berarti kendaraan tersebut tidak layak jalan, Kami mengimbau untuk melakukan uji KIR agar kendaraan yang digunakan untuk angkutan lebaran tahun 2024 ini layak beroperasi,” ujar Hendri pada hari Jumat, 22 Maret 24.

BACA JUGA: Kadishub Hendri: “BTS Subsidi Operasional” Solusi Dishub Bengkulu Tangani Inflasi

Selain itu, Hendri juga menyarankan agar para penumpang lebih selektif dalam memilih moda transportasi mudik. Dia menyarankan untuk menggunakan jasa angkutan penumpang resmi agar keamanan, kenyamanan, dan keselamatan selama perjalanan mudik dapat terjamin.

Hendri menambahkan, menggunakan kendaraan yang tidak resmi bisa berisiko tinggi karena tidak ada jaminan keselamatan bagi penumpang. Sebagai contoh, jika terjadi kecelakaan lalu lintas, penumpang kendaraan tidak resmi bisa mengalami kerugian besar.

BACA JUGA: Optimalisasi Kinerja: Kepala Dishub Kota Bengkulu Serahkan SPT kepada Pegawai Tidak Tetap

Melalui serangkaian imbauan ini, Dishub Kota Bengkulu berupaya keras untuk memastikan bahwa proses mudik Idulfitri 1445 H dapat berlangsung aman dan lancar bagi semua pihak yang terlibat. Dishub berharap semua pengelola usaha angkutan akan mematuhi aturan yang ada dan menjalankan uji KIR, demi keselamatan bersama. Sementara bagi masyarakat, diharapkan mereka dapat membuat keputusan yang bijak dalam memilih angkutan mudik, dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan perjalanan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *