Pemkab Mukomuko Galakkan Gerakan Tanam Padi Gogo untuk Meningkatkan Produksi Padi

Pemkab Mukomuko
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Fitriani Ilyas, "Pemkab Mukomuko Galakkan Gerakan Tanam Padi Gogo untuk Meningkatkan Produksi Padi", (Ft/Ist).

Pemkab Mukomuko Galakkan Gerakan Tanam Padi Gogo untuk Meningkatkan Produksi Padi

KANTOR-BERITA.COM, MUKOMUKO|| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bersama berbagai pihak terkait, melakukan gerakan tanam padi gogo sebagai bagian dari upaya mendukung percepatan perluasan areal tanam padi darat di daerah ini. Kegiatan ini dijalankan di wilayah Kecamatan Malin Deman, menjadi langkah konkret dalam mendukung program pemerintah pusat untuk meningkatkan produksi padi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Fitriani Ilyas, mengungkapkan bahwa gerakan tanam padi gogo ini bertujuan mendukung program pemerintah pusat dalam percepatan perluasan areal tanam padi, khususnya di wilayah Kabupaten Mukomuko.

BACA JUGA: Dinas Pertanian Mukomuko Imbau Pedagang Urus SKKH untuk Pastikan Hewan Kurban Sehat

“Kami fokus untuk mengoptimalkan lahan yang tersedia guna meningkatkan produksi padi secara signifikan,” ujar Fitriani, dimukomuko, Sabtu.

Untuk mendukung implementasi gerakan tanam padi gogo, Pemkab Mukomuko tahun ini menerima bantuan berupa benih padi gogo dari Dirjen Pembenihan Kementerian Pertanian RI. Bantuan ini diperuntukkan bagi lahan persawahan seluas 216 hektare di Kabupaten Mukomuko.

Fitriani menjelaskan bahwa meskipun bantuan benih padi gogo sudah diterima, baru sebagian kecil dari lahan yang direncanakan telah ditanami.

BACA JUGA: Pupuk Subsidi di Mukomuko: Menunggu SK Bupati untuk Penambahan Kuota dan HET

” Hingga pada saat ini, baru sekitar lebih kurang 40 hektare dari total 216 hektare yang telah ditanami benih padi gogo, ” tambah Fitriani.

Sisa lahan yang belum ditanami benih padi gogo akan segera mendapatkan penyaluran benih dari pemerintah pusat sesuai dengan rencana yang telah disusun. Fitriani menegaskan bahwa semua lahan yang mendapatkan bantuan benih akan ditanami padi gogo sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Pemerintah memberikan bantuan benih padi gogo kepada petani di Kecamatan Malin Deman karena di wilayah ini sudah tersedia lahan khusus yang mendukung pertumbuhan padi gogo. Langkah ini diharapkan dapat mendorong peningkatan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani setempat.

BACA JUGA: Gerakan Pangan Murah Kabupaten Mukomuko Sambut Idul Fitri 2024

Fitriani dan semua pihak terkait berharap bahwa gerakan tanam padi gogo ini bukan hanya sekadar kegiatan sementara, tetapi menjadi langkah awal yang berkelanjutan dalam meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat lokal.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung petani dalam mengembangkan potensi pertanian di Mukomuko,” tutup Fitriani.

Gerakan tanam padi gogo di kabupaten Mukomuko mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak terkait, termasuk Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, serta unsur TNI-Polri seperti Dandim 0428/Mukomuko. (**)

Editor: (KB2) Share
Pewarta: Budi Utoyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *