Pasca Penertiban: Satpol PP Kota Bengkulu Awasi Ketat Area Pasar Minggu

Satpol PP Kota Bengkulu
Foto: Satpol PP Kota Bengkulu pada saat melakukan Penertiban Pedagang Pasar Minggu, pada haari rabu, (3/7/24, (Ft/Ist).

Pasca Penertiban: Satpol PP Kota Bengkulu Awasi Ketat Area Pasar Minggu

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu terus melakukan patroli di sekitar Pasar Minggu setelah penertiban yang dilakukan pada Rabu (3/7/24). Kasat Satpol PP, Yurizal, mengungkapkan bahwa beberapa anggota Satpol PP diperintahkan untuk stand by di lokasi untuk memastikan tidak ada pedagang yang kembali berjualan di tempat yang telah dibongkar.

Patroli rutin dilakukan untuk memantau area lapak pedagang yang baru saja ditertibkan, terutama di jalan dua jalur depan PTM dan depan Mega Mall yang telah dibersihkan dari aktivitas pedagang liar. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika ada pedagang yang masih nekat berjualan di lokasi tersebut.

BACA JUGA: Penertiban PKL di Bengkulu, Dishub Sebut: Optimalkan Fungsi Jalan dan Trotoar untuk Kelancaran Lalu Lintas

“Kemarin (Rabu) kami sudah melakukan penertiban lagi dan membongkar lapak-lapak pedagang, Personel akan terus melakukan patroli dan beberapa anggota akan stand by di lokasi selama satu minggu ke depan,” kata Yurizal, Kamis, (4/7/24).

Meskipun masih ada pedagang yang “bandel” dan tetap berjualan di tempat yang sama, Satpol PP Kota Bengkulu belum mengambil tindakan pidana ringan (tipiring) terhadap mereka. Yurizal berharap para pedagang tidak lagi berjualan di tempat yang telah ditertibkan sehingga tidak perlu ada tindakan lebih lanjut.

BACA JUGA: Pasar Minggu Bengkulu Kini Tertata Rapi Setelah Penertiban Satpol PP

“Kita lihat nanti ke depan, mudah-mudahan mereka (pedagang) tidak lagi berjualan di sana sehingga kita tidak perlu menerapkan tipiring,” tambah Yurizal.

Upaya penertiban ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar Pasar Minggu. Dengan tidak adanya pedagang yang berjualan di tempat yang tidak semestinya, diharapkan arus lalu lintas di sekitar area tersebut menjadi lebih lancar dan kawasan tersebut menjadi lebih tertata rapi.

Satpol PP akan terus memantau perkembangan di lapangan dan siap mengambil tindakan jika diperlukan. Yurizal berharap upaya ini dapat memberikan hasil yang positif dan Kota Bengkulu dapat menjadi kota yang lebih tertib dan bersih.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu Apresiasi Peran Kepolisian dalam Penertiban Pasar Panorama

Mukadimah, penyidik Satpol PP, juga menyatakan bahwa belum ada rencana untuk melakukan penindakan tipiring. Namun, jika pedagang tetap nekat berjualan, maka penertiban akan dilakukan lagi, tergantung pada ketersediaan dana operasional.

”Sementara ini belum ada rencana untuk tipiring, Kalau pedagang masih berjualan di sana, mungkin kita akan melakukan penertiban lagi dan membongkar lapak mereka, tentu saja jika dana operasional mencukupi, Karena untuk melakukan penertiban ini, kita juga meminta backup dari TNI dan kepolisian,” ujar Mukadimah. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *