Dinsos Kota Bengkulu Luncurkan Layanan Penjemputan Gratis untuk ODGJ

Penjemputan ODGJ
Foto: Kadis Sosial Kota Bengkulu Sahat Situmorang (Baju Hijau) saat menjemput ODGJ (Dok).

Dinsos Kota Bengkulu Luncurkan Layanan Penjemputan Gratis untuk ODGJ

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Dinas Sosial Kota Bengkulu telah meluncurkan layanan penjemputan gratis bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran dan mengganggu di wilayah tersebut. Langkah ini diambil untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, serta memberikan perlindungan kepada ODGJ itu sendiri.

Jika ada ODGJ yang telah mengganggu atau mengancam orang lain, masyarakat diminta untuk segera melaporkannya ke Dinas Sosial Kota Bengkulu. Khususnya bagi ODGJ yang masih memiliki keluarga, dinas sosial mendorong agar pihak keluarganya melaporkannya.

BACA JUGA: Kepala Dinsos vs Pengemis yang Menantang Duel, Satpol PP Segera Bertindak

Dalam upaya penjemputan, Dinas Sosial akan mengirimkan tim ke lokasi yang dilaporkan menggunakan ambulans. Laporan dapat disampaikan melalui nomor WhatsApp Kadis Sosial Sahat Situmorang di nomor 0811-7312-876. Setelah menerima laporan, tim Dinas Sosial akan menemui dan menjemput ODGJ tersebut untuk selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Kota Bengkulu (RSJKO) untuk mendapatkan perawatan medis yang sesuai.

Kadis Sosial Kota Bengkulu Sahat Situmorang menjelaskan bahwa sejauh ini, sudah ada 15 ODGJ yang berhasil dijemput dan diberikan perawatan di RSJKO selama bulan Februari ini.

“Saya Imbau Bagi keluarga ODGJ yang tidak mampu secara finansial, Dinas Sosial akan membantu dalam membuat kartu BPJS secara gratis dengan mengarahkan mereka ke Mal Pelayanan Publik,” Terang Kadis Sosial Sahat Situmorang pada selasa, (13/2/24).

BACA JUGA: KPU Kota Bengkulu Musnahkan Surat Suara Rusak sebanyak 3200 Lembar

Salah satu contoh kasus adalah keluarga Willy Hayati (45) dari Jalan Sungai Rupat RT 38 Kelurahan Pagar Dewa. Willy sangat berterima kasih kepada Dinas Sosial karena telah membantu menjemput dan merawat pamannya yang mengalami gangguan jiwa. Menurutnya, bantuan ini sangat membantu keluarganya yang telah berjuang menghadapi kesulitan terkait kondisi pamannya.

Willy menceritakan bahwa pamannya sering kali mengganggu tidak hanya orang lain, tetapi juga keluarganya sendiri. Dengan adanya layanan penjemputan ODGJ dari Dinas Sosial, Willy merasa lega karena ada bantuan yang diberikan kepada keluarganya dalam menangani kondisi pamannya.

Sementara itu, warga lain seperti Masril dari Jalan Cendana RT 02 RW 01 Kelurahan Sawah Lebar Baru, mengapresiasi layanan penjemputan ODGJ ini. Menurutnya, hal ini sangat membantu untuk mengurangi jumlah ODGJ yang berkeliaran di jalanan dan mengurangi potensi terjadinya tindakan kekerasan.

BACA JUGA: Penyegaran Organisasi: Bupati Bengkulu Selatan Mutasi 40 Pejabat Eselon III dan IV

Masril juga mengingatkan bahwa setelah pemilu, kemungkinan banyak caleg yang gagal dan mengalami stres. Dalam kondisi stres berat, seseorang dapat berpotensi menjadi ODGJ. Oleh karena itu, Dinas Sosial diharapkan untuk siap menghadapi peningkatan kasus ODGJ setelah pemilu berakhir.

Dengan adanya layanan penjemputan ODGJ ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat Kota Bengkulu dapat terjaga dengan baik dan keselamatan ODGJ yang mengalami gangguan jiwa juga dapat terjamin. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *