KPU Kota Bengkulu Musnahkan Surat Suara Rusak sebanyak 3200 Lembar

Pemusnahan Surat Suara 2024
Foto: Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi saat membakar Surat Suara Pemilu 2024 yang rusak, secara simbolis, acara berlangsung di Halaman Kantor KPU kota Bengkulu Pada Hari Selasa, (13/2/24).

KPU Kota Bengkulu Musnahkan Surat Suara Rusak sebanyak 3200 Lembar

KANTOR-BERITA.COM, KOTABENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menggelar aksi pemusnahan surat suara yang tidak layak guna sebanyak 3.200 lembar, termasuk yang rusak dan yang berlebihan hasil dari penyortiran. Proses pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di depan kantor KPU Kota Bengkulu, menjelang pelepasan kendaraan yang mengangkut logistik pemilu 2024 ke PPK di masing-masing kecamatan acara berlangsung di Halaman Kantor KPU kota Bengkulu Pada Hari Selasa, (13/2/24).

Acara penting ini turut dihadiri dan disaksikan oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi, Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Pirsad, Kapolresta Bengkulu Kombes. Pol. Deddy Nata, Dandim 0407/Kota Bengkulu, Kajari Bengkulu, perwakilan dari Pengadilan Negeri Bengkulu, dan pihak Bawaslu Kota Bengkulu.

BACA JUGA: KPU Beserta Forkominda Lebong Lepas Distribusi Logistik Pemilu Serentak 2024 di Kecamatan Terjauh

Dalam pernyataannya, Pj Walikota Arif Gunadi menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran proses pemusnahan surat suara dan pelepasan logistik pemilu 2024. Ia juga menekankan harapannya agar pemilu di Kota Bengkulu dapat berlangsung dengan kondusif hingga pada tahap penghitungan suara.

Ketua KPU Kota Bengkulu, Rayendra Pirsad, menjelaskan bahwa pemusnahan surat suara dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Lebih dari 3.200 lembar surat suara, baik yang rusak maupun yang berlebih, telah dimusnahkan secara menyeluruh.

Pembagian logistik pemilu juga telah dilakukan, dimana kendaraan yang mengangkut logistik tersebut telah dilepas menuju PPK kecamatan. Setelah itu, logistik akan transit di PPK sebelum selanjutnya didistribusikan ke PPS, dan akhirnya sampai di TPS paling lambat hari itu juga. Penanganan logistik ini akan diawasi secara ketat, dengan ketua dan anggota KPPS bertanggung jawab atas kotak suara yang mereka terima, dan pihak kepolisian akan memberikan dukungan yang diperlukan.

BACA JUGA: KPU Kota Bengkulu: 4 Miliar untuk Pemilu 2024 Pembangunan dan Operasional TPS

Kapolresta Bengkulu, Kombes. Pol. Deddy Nata, mengonfirmasi bahwa sebanyak 290 personel telah diturunkan untuk mengawal proses pemungutan suara di seluruh TPS di Kota Bengkulu. Namun, anggota yang bertugas tidak diperkenankan membawa senjata api, hanya dilengkapi dengan pentungan dan borgol. Senjata api dan peralatan lainnya akan disiapkan di Mapolresta untuk antisipasi apabila terjadi keributan atau tindakan anarkis selama proses pemungutan dan penghitungan suara.

Ini menunjukkan kesiapan dan koordinasi yang baik dari berbagai pihak terkait untuk memastikan berlangsungnya pemilu yang aman, tertib, dan jujur di Kota Bengkulu. Semua langkah ini diambil untuk menjaga integritas pemilu dan memastikan bahwa suara rakyat benar-benar terwakili dengan baik. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *