11 Desa di Mukomuko Naik Status Menjadi Desa Mandiri Tahun 2024, Ini Daftarnya

Desa Mandiri Mukomuko
Foto: Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas PMD Mukomuko, Wagimin, pada saat menjelaskan 11 Desa Naik Status Menjadi Desa Mandiri Tahun 2024, (Ft/Ist).

11 Desa di Mukomuko Naik Status Menjadi Desa Mandiri Tahun 2024, Ini Daftarnya

KANTOR-BERITA.COM, MUKOMUKO|| Hasil dari Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 mengungkapkan bahwa sebanyak 11 desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, secara resmi telah naik statusnya dari desa maju menjadi desa mandiri. Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas PMD Mukomuko, Wagimin, menjelaskan perkembangan ini dalam sebuah pernyataan kemarin.

Sebelumnya, Kabupaten Mukomuko telah memiliki 9 desa yang sudah memegang status desa mandiri. Dengan tambahan 11 desa baru total desa mandiri di wilayah ini meningkat menjadi 20 desa. Peningkatan ini mencerminkan upaya keras dan komitmen dari masing-masing desa dalam mengembangkan potensi lokal mereka dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

BACA JUGA: 28 Desa di Mukomuko Ajukan Pencairan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahap Kedua 2024

Berikut adalah daftar lengkap 11 desa yang naik status menjadi desa mandiri:

  1. Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lubuk Pinang
  2. Desa Tanah Rekah, Kecamatan Kota Mukomuko
  3. Desa Selagan Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko
  4. Desa Bandarjaya, Kecamatan Teramang Jaya
  5. Desa Mandi Angin, Kecamatan Teramang Jaya
  6. Desa Pernyah, Kecamatan Teramang Jaya
  7. Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Ipuh
  8. Desa Mekar Mulya, Kecamatan Penarik
  9. Desa Retak Mudik, Kecamatan Sungai Rumbai
  10. Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Rumbai
  11. Desa Banjar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai

Perubahan ini menandai prestasi signifikan bagi setiap desa yang telah berhasil meningkatkan kinerja mereka dalam berbagai aspek pembangunan, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan pemerintahan desa. Wagimin menyampaikan harapannya bahwa pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Mukomuko untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya dan menuju status desa yang lebih baik.

BACA JUGA: Mukomuko Percepat Penyaluran Dana Desa Tahap Kedua untuk Pembangunan Pedesaan Sebelum Juli 2024

“Peningkatan ini adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi antara pemerintah desa, masyarakat dan berbagai pihak terkait dalam mendukung pembangunan dan peningkatan kualitas hidup di desa-desa kita,” ujar Wagimin.

Proses menuju status desa mandiri melibatkan berbagai tahapan evaluasi dan penilaian yang ketat terhadap capaian dan kemajuan desa dalam beberapa tahun terakhir. Indeks Desa Membangun (IDM) menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mengukur sejauh mana sebuah desa mampu mandiri dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakatnya.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko telah memberikan dukungan yang signifikan dalam hal pelatihan, bimbingan teknis, dan pendampingan kepada desa-desa yang ingin meningkatkan status mereka menjadi desa mandiri. Program-program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tetapi juga untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan desa dalam mengelola sumber daya lokal mereka secara berkelanjutan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Budi Utoyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *