Tes CAT Calon PPS Pilkada 2024 di Mukomuko: 945 Peserta Bersaing

Tes CAT
Foto: Sejumlah Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2024 pada saat mengikuti Tes CAT, Jumat, (17/5/24).

Tes CAT Calon PPS Pilkada 2024 di Mukomuko: 945 Peserta Bersaing

KANTOR-BERITA.COM, MUKOMUKO|| Sebanyak 945 calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah mengikuti tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT), setelah sebelumnya lolos seleksi administrasi.

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Endang Surya Bakti, ratusan calon anggota PPS menjalani tes CAT di lima lokasi, yang disesuaikan dengan wilayah tugas setiap calon penyelenggara pemilu tingkat desa.

BACA JUGA: 226 Calon Anggota PPK di Kabupaten Mukomuko Ikuti Tes Wawancara

KPU Mukomuko sebelumnya memperpanjang waktu pendaftaran karena jumlah pendaftar calon anggota PPS di 81 desa dari 148 desa dan tiga kelurahan di daerah ini masih kurang tiga kali kebutuhan, atau sembilan orang per desa dan kelurahan.

Dari hasil perpanjangan waktu pendaftaran tersebut, sebanyak 993 masyarakat mendaftar sebagai calon anggota PPS. Namun, dari jumlah pendaftar tersebut, ada pendaftar di lima desa yang terpenuhi satu kali kebutuhan, yaitu sebanyak tiga orang.

BACA JUGA: Bawaslu Bengkulu Selatan Awasi Tes CAT PPK 2024

Dari 993 masyarakat yang mendaftar, sebanyak 945 pelamar calon anggota PPS untuk Pilkada 2024 berhasil lolos seleksi administrasi.

Endang menyatakan bahwa Pelaksanaan Tes dilaksanakan di lima lokasi untuk calon anggota PPS, lebih banyak daripada tes calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) karena jumlah peserta tes calon anggota PPS lebih banyak.

Ia menambahkan bahwa jumlah sesi Tes bagi calon anggota PPS kemungkinan lebih banyak dibandingkan tes CAT calon anggota PPK.

BACA JUGA: Penundaan Tes PPPK Mei 2024: Tunggu Pengumuman Resmi BKN

“Sesi tes CAT bagi calon anggota PPS nanti bersifat tentatif, kalau sesi kemungkinan ada 2 sesi tergantung jumlah peserta yang ikut sekolah,” ujar Endang di Mukomuko..

Jika pelaksanaan tes CAT tidak dapat dilakukan dalam satu hari, tes ini akan dilanjutkan pada hari berikutnya, yakni tanggal 18 Mei 2024.

Sebanyak 945 calon anggota PPS mengikuti tes CAT di lima lokasi yang berbeda, antara lain:

  1. SMAN 1 Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko
  2. SMAN 10 Mukomuko, Kecamatan Penarik
  3. SMKN 6 Mukomuko, Kecamatan Penarik
  4. SMAN 4 Mukomuko, Kecamatan Pondok Suguh
  5. SMAN 2 Mukomuko, Kecamatan Ipuh

Dengan dilakukannya tes CAT ini, diharapkan calon anggota PPS yang terpilih nantinya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam menjaga keberlangsungan dan keberhasilan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Mukomuko. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Budi utoyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *