Supervisi Pemerintah Pusat dan Pemprov Bengkulu Pengelolaan SDA

Supervisi
Foto: Staf Ahli Menko Polhukam Marsda TNI Oka Prawira (Kiri) dan Sekda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri (Kanan) pada saat Rapat Koordinasi dan Supervisi Bidang Pertambangan, Kemaritiman, dan Lingkungan Hidup, rapat berlangsung di Kantor Gubernur Bengkulu pada Selasa (2/4/2024).

Supervisi Pemerintah Pusat dan Pemprov Bengkulu Pengelolaan SDA

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU – Rapat Koordinasi bersama Staf Ahli Menko Polhukam dan Jajaran dalam Rangka Supervisi Bidang Pertambangan, Kemaritiman, dan Lingkungan Hidup telah diadakan di Kantor Gubernur Bengkulu pada Selasa (2/4/2024). Sekda Isnan Fajri menyampaikan bahwa rapat tersebut merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Kementerian Koordinator Polhukam melalui kegiatan Rakor di Bidang Pertambangan, Kemaritiman, dan Lingkungan Hidup.

Marsda TNI Oka Prawira, sebagai Staff Ahli Bidang Tannas Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, mengakui bahwa Provinsi Bengkulu memiliki potensi ekonomi yang signifikan di bidang pertambangan. Terlebih lagi, pemerintah pusat tengah mengarahkan fokus ekonomi Indonesia ke sektor pertambangan.

Supervisi
Foto: Rapat Koordinasi Antara Pemerintah Pusat dan Pemprov Bengkulu, dihadiri Kepala OPD,Badan di Lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu, rapat berlangsung di Kantor Gubernur Bengkulu pada Selasa (2/4/2024).

“Rakor ini menjadi forum penting untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja serta koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam pengelolaan sektor pertambangan, kemaritiman, dan lingkungan hidup. Evaluasi tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa sumber daya alam Bengkulu dimanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan, sejalan dengan arah kebijakan pemerintah pusat dalam memajukan sektor pertambangan,” Terang Marsda TNI Oka Prawira.

BACA JUGA: Investor Jepang Minat Investasi Budidaya Ikan Sidat di Bengkulu Selatan

Marsda TNI Oka Prawira Menambahkan, Peran serta Kementerian Koordinator Polhukam dalam rapat ini menunjukkan dukungan penuh dari pemerintah pusat terhadap pembangunan dan pengelolaan sektor-sektor strategis di daerah. Kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi kunci utama dalam memastikan bahwa pembangunan ekonomi daerah berjalan sejalan dengan agenda nasional.

Selain itu, Supervisi ini juga menjadi momentum untuk menyamakan persepsi antara pemerintah pusat dan daerah terkait dengan regulasi dan kebijakan yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan sektor pertambangan, kemaritiman dan lingkungan hidup.

BACA JUGA: Target Investasi Kota Bengkulu Naik Tajam di 2024: Optimisme Pemkot Capai 3,5 Triliun

“Keselarasan ini penting untuk meminimalkan hambatan administratif dan meningkatkan efisiensi dalam implementasi kebijakan,” Tegas Marsda TNI Oka Prawira.

Sekda Isnan Fajri menyampaikan, Pemerintah Provinsi Bengkulu perlu memanfaatkan potensi ekonomi di sektor pertambangan secara optimal, dengan tetap memperhatikan aspek-aspek lingkungan hidup dan keberlanjutan. Langkah-langkah strategis perlu dirumuskan untuk mengelola sumber daya alam secara bertanggung jawab, serta untuk memastikan bahwa manfaat ekonomi dari sektor pertambangan dirasakan secara merata oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA: Mukomuko Naikkan Target Investasi Jadi 3 T, Siapkan Strategi Pemikat Investor

Dalam konteks ini, kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan kebijakan dan program yang mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Provinsi Bengkulu menjadi sangat penting. Sinergi antara kedua belah pihak akan memperkuat implementasi kebijakan dan mempercepat pencapaian tujuan pembangunan nasional.

“Pemerintah pusat juga perlu memberikan dukungan yang cukup dalam hal investasi dan infrastruktur yang diperlukan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi di Provinsi Bengkulu, Investasi dalam pengembangan infrastruktur transportasi, listrik, dan lainnya akan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan sektor pertambangan dan industri terkait,” Tutur Isnan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *