SiRianti: Aplikasi Inovatif untuk Meningkatkan Efisiensi Pengajuan Cuti ASN di Pemerintah Provinsi Bengkulu

Sirianti
Foto: Asisten III Pemprov Bengkulu Nandar Munadi saat membuka acara Sosialisasi Implementasi Aplikasi Sistem Pemberian Informasi Cuti (siRianti), pada hari kamis (30/11/23).

SiRianti: Aplikasi Inovatif untuk Meningkatkan Efisiensi Pengajuan Cuti ASN di Pemerintah Provinsi Bengkulu

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU – Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu, Nandar Munadi, menjadi pembuka acara Sosialisasi Implementasi Aplikasi Sistem Pemberian Informasi Cuti (siRianti) di lingkungan pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2023. Acara ini berlangsung di Gedung Pola Pemda Provinsi Bengkulu pada Kamis, 30 November. SiRianti dihadirkan untuk mempermudah proses pengajuan cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yang selama ini dianggap lambat dan memakan waktu yang cukup lama, terutama saat pejabat yang bersangkutan sedang dinas di luar daerah.

Nandar Munadi menyampaikan bahwa kehadiran aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam proses pengajuan cuti bagi ASN. Sejauh ini, proses pengajuan cuti dianggap memiliki kendala dalam kecepatan dan kemudahan, terutama ketika pejabat yang bersangkutan melakukan dinas luar. Proses manual yang melibatkan berbagai prosedur administratif seringkali membuat proses pengajuan menjadi rumit dan memakan waktu.

Sirianti
Foto: acara Sosialisasi Implementasi Aplikasi Sistem Pemberian Informasi Cuti (siRianti) di lingkungan pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2023 acara berlangsung di Gedung Pola Pemda Provinsi Bengkulu pada Kamis (30/11/23).

“Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan pelayanan pengajuan cuti ASN menjadi lebih mudah, sederhana, dan cepat. Karena seluruh proses sudah berbasis elektronik, kita berharap ini akan terus berkembang dan mengalami perbaikan yang signifikan,” ungkap Nandar Munadi.

BACA JUGA: Langkah Konkrit Pemprov Bengkulu dalam menekan Inflasi, Wagub Rosjhonsyah: Kolaborasi dan Strategi Preventif

SiRianti diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengoptimalkan efisiensi dalam pengelolaan pegawai ASN. Melalui sistem berbasis elektronik, diharapkan proses pengajuan cuti dapat diselesaikan dengan lebih cepat, transparan, dan efektif. Keberadaan aplikasi ini juga diharapkan dapat mengurangi potensi kesalahan administratif serta memberikan kemudahan akses dan pemantauan bagi pihak terkait.

Acara sosialisasi ini menjadi platform untuk memperkenalkan dan membekali para ASN dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menggunakan aplikasi SiRianti. Peserta diharapkan dapat memahami cara kerja aplikasi, langkah-langkah penggunaan, dan manfaat yang dapat diperoleh melalui pemanfaatan informasi teknologi dalam pengelolaan hutan.

BACA JUGA: Pemprov Bengkulu Sosialisasikan Peraturan Gubernur tentang ASB untuk Efisiensi Anggaran

Keberhasilan penerapan SiRianti di lingkungan pemerintah Provinsi Bengkulu diharapkan dapat menjadi contoh positif dan mendorong penerapan teknologi serupa di berbagai instansi pemerintah. Meningkatnya efisiensi dan efektivitas manajemen cuti ASN akan berdampak positif pada produktivitas dan kesejahteraan pegawai, sekaligus memberikan kontribusi pada penyelenggaraan pemerintahan yang lebih modern dan responsif.

Semua harapan dan optimisme yang diharapkan dapat terwujud melalui sinergi antara pemerintah, ASN, dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat. Proses penerapan teknologi informasi dalam manajemen administrasi publik menjadi salah satu langkah strategi dalam menghadapi tuntutan era digital, yang semakin mendominasi berbagai aspek kehidupan dan aktivitas keseharian. (**)

Editor: KB1 Share
Mangcek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *