Sekolah Lansia di Bengkulu: Mendorong Kemandirian dan Pemberdayaan Usia Senja

Lansia Bengkulu
Foto: Para Lansia Ilustrasi/Kb1

Sekolah Lansia di Bengkulu: Mendorong Kemandirian dan Pemberdayaan Usia Senja

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Penuaan merupakan fenomena alamiah yang dihadapi setiap manusia, membawa perubahan pada kapasitas intrinsik dan kemampuan fungsional, termasuk aspek fisik dan mental. Di Kota Bengkulu, pemerintah bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mengambil langkah inovatif untuk mendukung para lanjut usia (lansia) agar tetap berdaya dan berkreasi meski di usia senja.

Sebagai bagian dari upaya ini, telah didirikan sebuah sekolah khusus untuk lansia. Inisiatif ini, yang pertama kali diluncurkan di Kelurahan Cempaka Permai, Gading Cempaka, telah sukses memperdayakan dan mewisuda puluhan lansia dalam angkatan pertamanya di tahun 2023.

BACA JUGA: Pemkab Bengkulu Utara Meluncurkan Sekolah Lansia Pertama di Bengkulu Utara

Dewi Dharma sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bengkulu, mengatakan pada minggu (31/3/24), Sekolah in, juga dikenal sebagai kelompok bina keluarga lansia (BKL), telah berhasil melakukan pemberdayaan dan mewisuda puluhan lansia pada angkatan pertama pada tahun 2023.

“Kami berbangga memiliki sekolah lansia di Kelurahan Cempaka Permai Gading Cempaka, Dalam dua bulan ke depan, kami akan menggelar wisuda untuk lansia yang telah menyelesaikan program ini,” Ungkap Dewi Dharma.

BACA JUGA: Sapa Warga Desa Sidoluhur: Bupati Seluma Perkuat Keterlibatan Masyarakat dalam Pembangunan

Lebih jauh, Dewi menyatakan bahwa ada rencana untuk memperluas inisiatif ini ke setiap kecamatan, dengan tujuan untuk memberikan pendidikan, layanan kesehatan, serta kesempatan bagi lansia untuk tetap produktif.

“Tujuan kami dengan adanya sekolah lansia ini adalah menciptakan kondisi dimana para lansia dapat tetap aktif, religius dan mandiri, serta mengurangi masalah pengangguran di kalangan mereka, yang seringkali berujung pada berbagai masalah kesehatan,” terang Dewi.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bagi Lansia dan Penyundang Disabilitas

Pendirian sekolah lansia dianggap sebagai langkah penting untuk meningkatkan harapan hidup sekaligus mengurangi tingkat kesuburan penduduk, yang secara langsung akan mempengaruhi proses penuaan penduduk. Selain itu, dengan peningkatan layanan kesehatan bagi lansia, diharapkan dapat terjadi peningkatan jumlah penduduk lanjut usia dan penurunan angka kematian.

Diluar inisiatif pemerintah, Imam Syafei dari padepokan Al Islah Kota Bengkulu juga mengungkapkan bahwa mereka telah mendirikan sekolah lansia di Kelurahan Surabaya, yang beroperasi setiap hari Jumat. Sekolah ini menawarkan berbagai kegiatan yang mendukung kehidupan lansia, termasuk kajian agama, olahraga, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya.

BACA JUGA: Jajaran Pemkot Bopong Calon Jemaah Haji Lansia Saat Turun Dari Bus

Inisiatif sekolah lansia ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup para lansia dan menguatkan peran mereka dalam masyarakat, memberikan mereka kesempatan untuk tetap berkontribusi aktif. Melalui upaya ini, diharapkan dapat tercipta masyarakat yang lebih inklusif, di mana setiap anggota, termasuk mereka yang berusia lanjut, mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *