Satpol PP Kota Bengkulu Awasi Ketat Jam Operasional Rumah Makan Selama Ramadan

Pengawasan Rumah Makan
Foto: Satpol PP (Ilustrasi).

Satpol PP Kota Bengkulu Awasi Ketat Jam Operasional Rumah Makan Selama Ramadan

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Selama bulan suci Ramadan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu gencar melakukan pengawasan pada rumah makan dan tempat-tempat hiburan dengan menerapkan pembatasan jam operasional. Kepala Satpol PP Kota Bengkulu, Yurizal, mengungkapkan, tindakan ini diambil berdasarkan Surat Edaran Nomor: 100.2.11/10/B.I/2024 tentang imbauan terkait penyambutan bulan Ramadan tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Tim patroli Satpol PP Kota Bengkulu akan secara aktif memantau dan meninjau berbagai lokasi di Kota Bengkulu untuk memastikan bahwa pengawasan terhadap rumah makan dilaksanakan dengan ketat, guna menjaga kesucian bulan Ramadan dan tidak mengganggu mereka yang berpuasa.

BACA JUGA: HUT Satpol PP ke-74: Mendagri Sebut pilar utama penegakan Perda

Selain itu, Yurizal juga memberi imbauan khusus kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman di siang hari di tempat umum, khususnya bagi mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa saling menghormati antarumat beragama dan menjaga citra Kota Bengkulu sebagai kota yang religius dan bahagia.

“Kami memohon kepada ASN dan PTT yang tidak berpuasa untuk memahami dan menghormati umat beragama dengan tidak makan di tempat umum selama jam kerja, Ini adalah bentuk penghormatan kita bersama selama bulan Ramadan,” tutur Yurizal pada Kamis (14/3).

BACA JUGA: Kepala Dinsos vs Pengemis yang Menantang Duel, Satpol PP Segera Bertindak

Yurizal menambahkan, pelanggaran terhadap aturan ini bisa berujung pada teguran dan sanksi bagi ASN atau PTT yang bersangkutan.

Selanjutnya, Yurizal memastikan bahwa selama Ramadan ini, setiap pemilik rumah makan diimbau untuk tidak beroperasi secara terang-terangan selama jam puasa dengan memasang tirai di depan usaha mereka, sebagai bentuk penghormatan kepada umat Muslim, yang saat ini sedang menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Persiapan Pemilu 2024: Satpol PP Kota Bengkulu Gelar Apel Gabungan dengan Arahan dari Pj Walikota

“Kami mengajak para pemilik usaha untuk melakukan pendekatan persuasif dengan memasang tirai, sebagai upaya untuk saling menghormati mereka yang sedang berpuasa,” tutup Yurizal. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *