Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bengkulu Siapkan Pengamanan Idulfitri 1445 H

Pengamanan Idulfitri
Foto: Tampak Wakapolda Bengkulu, Brigjen Pol Agus Salim pada saat memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bengkulu Siapkan Pengamanan Idulfitri 1445 H, acara berlangsung di Aula Rupatama Awaloeding Djamin Mapolda Bengkulu pada Kamis (28/03/2024).

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bengkulu Siapkan Pengamanan Idulfitri 1445 H

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU – Jelang perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 H, Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar, bersama Polda Bengkulu dan berbagai instansi terkait lainnya mengadakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Nala-2024 untuk mempersiapkan pengamanan Idulfitri 1445 H. Rapat ini digelar di Aula Rupatama Awaloeding Djamin Mapolda Bengkulu pada Kamis (28/03/2024).

Khairil menyatakan bahwa dalam pengamanan Idulfitri 1445 H, terdapat tiga aspek yang menjadi fokus perhatian. Pertama, adalah memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan khusyuk, terutama umat Muslim yang sedang menjalani ibadah puasa hingga menjelang Idulfitri. Kedua, adalah menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga bahan pokok. Ketiga, adalah memeriksa kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan selama periode tersebut.

Pengamanan Idulfitri
Foto: Acara Pengamanan Rapat Koordinasi lintas Sektoral dalam Operasi Nala-2024 Pengamanan Idul fitri 1445 H di Bengkulu, acara berlangsung di i Aula Rupatama Awaloeding Djamin Mapolda Bengkulu pada Kamis (28/03/2024).

“Koordinasi antara instansi terkait sangat diperlukan, terutama mengingat prediksi peningkatan jumlah pemudik pada tahun ini, Kita perlu memastikan pelayanan kesehatan, baik di puskesmas yang dilewati pemudik maupun pos pelayanan kesehatan Idulfitri 1445 H, selalu siap melayani 24 jam,” ujar Khairil.

Wakapolda Bengkulu, Brigjen Pol Agus Salim, melalui Karo Ops Polda Bengkulu, Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo, menjelaskan bahwa Polda Bengkulu telah menyiapkan ribuan personel dari kepolisian, TNI, dan instansi terkait lainnya untuk mengamankan perayaan Idulfitri 1445 H. Mereka telah menyiapkan pos-pos pengamanan di berbagai titik di wilayah hukum Polda Bengkulu.

BACA JUGA: Jelang Lebaran: Pemkab Seluma Rakor Lintas Sektoral Jaga Keamanan Idul Fitri 1445

“Kami memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi H-2 jelang lebaran dan arus balik diprediksi pada H+4 lebaran, yaitu pada tanggal 16 April 2024, Total personel yang dilibatkan dalam pengamanan ini sebanyak 2.136, dengan rincian 1.188 personel dari kepolisian, 124 personel dari TNI dan 824 personel dari instansi terkait,” jelas Octo.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Supra Budi, juga menyatakan bahwa dinas perhubungan telah menyiapkan armada transportasi untuk angkutan lebaran 2024 di Bengkulu. Mereka telah menyiapkan 121 armada bus dari 7 P.O Bus AKAP serta angkutan darat dan laut untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik.

BACA JUGA: Forkominda Gelar Rakor Lintas Sektoral Jelang Operasi Ketupat 2024 Kota Bengkulu

Dengan kerja sama dan persiapan yang matang dari berbagai pihak terkait, diharapkan perayaan Idulfitri 1445 H dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan meriah. Komitmen untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat selama periode tersebut menjadi prioritas utama bagi semua pihak terlibat. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *