Jelang Lebaran: Pemkab Seluma Rakor Lintas Sektoral Jaga Keamanan Idul Fitri 1445

Pengamanan Idul Fitri
Foto: Kapolres Seluma AKBP Arif Eko Prastyo (Kanan) bersama Asisten I Pemkab Seluma H. Hendarsyah dan Pasi Intel Kodim 0425 Seluma pada saat memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1445 H, acara Berlangsung di Aula Mapolres Seluma pada hari Kamis, (28/3/24).

Jelang Lebaran: Pemkab Seluma Rakor Lintas Sektoral Jaga Keamanan Idul Fitri 1445

KANTOR-BERITA.COM, SELUMA – Asisten Pemerintahan dan Kesra H. Hendarsyah, S.IP, MT mewakili Bupati Seluma dalam menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang bertujuan untuk mempersiapkan pengamanan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H pada tahun 2024. Rapat ini digelar pada Kamis (28/3/2024) di Aula Mapolres Seluma dengan Kapolres Seluma AKBP Arif Eko Prastyo, S.I.K., M.H memimpin jalannya rapat.

Turut hadir dalam rapat ini perwakilan dari Kodim 0425 Seluma, Satpol PP Kabupaten Seluma, Kepala BPBD Kabupaten Seluma, Kemenag Kabupaten Seluma, Jasa Raharja, serta perwakilan dari Disperkimhub Kabupaten Seluma. Tujuan utama dari rapat ini adalah untuk menyusun strategi pengamanan yang efektif dan terkoordinasi dengan baik untuk menghadapi perayaan Idul Fitri, yang diperkirakan akan berlangsung dari tanggal 4 April hingga 16 April 2024.

Rapat Koordinasi Pengamanan Idul Fitri
Foto: Pemerintah di Seluma Gelar Rapat Koordinasi Pengamanan Idul Fitri 1445 H, acara berlangsung di Aula Mapolres Seluma pada Kamis (28/3/2024).

H. Hendarsyah mengatakan, rencana pengamanan tersebut akan dilaksanakan di 3 titik lokasi strategis, yaitu Semidang Alas Maras, Simpang 6 Tais, dan Sukaraja.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama perayaan Idul Fitri berlangsung, mengingat adanya potensi lonjakan aktivitas masyarakat serta kepadatan lalu lintas yang lebih tinggi dari biasanya,” Ujar H Hendarsyah

BACA JUGA: Waspada Uang Palsu Jelang Lebaran: Tips Mengenali dan Menghindarinya

Kapolres Seluma AKBP Arif Eko Prastyo melanjutkan, Dalam rapat koordinasi ini, berbagai aspek terkait pengamanan akan dibahas secara mendalam, termasuk alokasi personel, pengaturan lalu lintas, penjagaan obyek vital, penanggulangan kemungkinan kerumunan massa, serta upaya preemtif dan preventif lainnya guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama perayaan Idul Fitri.

Kehadiran berbagai instansi terkait dalam rapat ini menunjukkan komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama perayaan Idul Fitri. Kolaborasi antara pemerintah daerah, kepolisian, dan instansi terkait lainnya menjadi kunci utama dalam menjaga situasi kondusif di daerah tersebut.

BACA JUGA: Kompak Jelang Lebaran TPID Kota Bengkulu dan BI Buka Bazar Sembako

Pihak terkait akan bekerja sama dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia guna memastikan pengamanan yang maksimal selama periode perayaan Idul Fitri. Langkah-langkah preventif akan diutamakan guna menghindari terjadinya gangguan keamanan yang dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan masyarakat.

Selain itu, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat juga akan menjadi fokus dalam upaya menjaga keamanan selama perayaan Idul Fitri. Masyarakat akan diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga ketertiban, menghindari potensi konflik, serta melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan kepada pihak berwenang.

BACA JUGA: Program CPP Digulirkan Jelang Lebaran di Kota Bengkulu

Dalam hal ini, peran serta aktif masyarakat juga sangat diharapkan guna mendukung upaya pengamanan yang dilakukan oleh pihak terkait. Keterlibatan dan kepedulian masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan tempat tinggalnya akan sangat membantu menciptakan suasana yang aman dan tenteram selama perayaan Idul Fitri.

Kerja sama antara berbagai pihak dalam menjaga keamanan selama perayaan Idul Fitri adalah cermin dari semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama. Dengan bersatu padu dan saling mendukung, diharapkan perayaan Idul Fitri tahun ini dapat berlangsung dengan lancar dan damai, tanpa adanya gangguan yang dapat mengganggu dalam merayakan momen hari raya Idulfitri. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rego

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *