Polres dan Dishub Lakukan Pemeriksaan Keselamatan Kendaraan Angkutan Lebaran di Mukomuko

Pemeriksaan Keselamatan Kendaraan
Foto: Kasat Lantas Polres Mukomuko AKP Rully Zuldh Fermana, pada saat melakukan Inspeksi Kendaraan Angkutan Lebaran 2024 dalam memastikan Keselamatan Perjalanan Mudik Lebaran, di dampingi oleh dari Pihak perwakilan Jasa Raharja Mukomuko, di salah satu Pool Kendaraan di mukomuko, pada hari rabu, (27/3/24).

Polres dan Dishub Lakukan Pemeriksaan Keselamatan Kendaraan Angkutan Lebaran di Mukomuko

KANTOR-BERITA.COM, MUKOMUKO – Dalam rangka meningkatkan keselamatan perjalanan selama periode Angkutan Lebaran 2024, Unit Lalu Lintas Kepolisian Resor Mukomuko telah mengadakan serangkaian pemeriksaan keselamatan terhadap kendaraan angkutan umum, khususnya bus, di wilayah Kabupaten Mukomuko. Inspeksi keselamatan ini, yang berlangsung pada hari Rabu, (27/3/2024), merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa kendaraan yang digunakan dalam masa angkutan Lebaran berada dalam kondisi prima dan aman untuk dioperasikan.

Kepala Polisi Resor Mukomuko, AKBP Yana Supriatna, S.I.K, M.Si, melalui Kepala Satuan Lalu Lintas, AKP Rully Zuldh Fermana, S.I.K, M.Si., menekankan bahwa inspeksi keselamatan kendaraan, yang dikenal dengan Rampcheck, diadakan dengan tujuan utama untuk menilai kelayakan operasional kendaraan angkutan umum. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi fisik dan mekanis kendaraan, serta kesesuaiannya dengan standar keselamatan yang berlaku.

Pemeriksaan Keselamatan Kendaraan
Foto: Tampak Satlantas Polres Mukomuko dan Dokes Polres Mukomuko pada saat melakukan Pemeriksaan kepada supir angkutan Mudik Lebaran, di salah satu Pool di mukomuko pada hari rabu, (27/3/24).

“Kami ingin memastikan bahwa setiap kendaraan yang terlibat dalam angkutan Lebaran memenuhi standar keselamatan yang ketat, Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menyediakan perjalanan yang aman, nyaman dan selamat bagi para pemudik,” ujar AKP Rully.

Kasat Lantas Menambahkan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, dengan harapan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan insiden selama perjalanan.

BACA JUGA: Antisipasi Musim Mudik 2024: Polres dan Dishub Mukomuko Siapkan Strategi Keamanan Jalan

Inspeksi ini dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari personel Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Mukomuko, Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko, dan perwakilan dari Jasa Raharja Mukomuko.

” Pemeriksaan ini tidak hanya fokus pada kondisi fisik kendaraan, seperti sistem pengereman, lampu, ban dan komponen keselamatan lainnya, tetapi juga termasuk penilaian terhadap kesehatan dan kelayakan pengemudi, Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh aspek yang berkontribusi terhadap keselamatan perjalanan dapat ditangani dengan baik,” Ujar Kasat Lantas AKP Rully Zuldh Fermana.

BACA JUGA: Patroli Bluelight Polres Bengkulu Selatan Tingkatkan Keamanan kota Manna

Melalui kerja sama yang erat antara kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Jasa Raharja, serta dengan dukungan dari operator angkutan umum dan masyarakat, diharapkan bahwa Angkutan Lebaran Tahun 2024 dapat berlangsung dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Komitmen bersama ini menunjukkan keseriusan dalam memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan para pemudik, sehingga mereka dapat sampai ke tujuan dengan selamat dan senang.

” Rampcheck ini penting tidak hanya sebagai upaya preventif terhadap potensi kecelakaan, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi operator angkutan umum dan masyarakat luas tentang pentingnya memelihara dan memastikan kendaraan dalam kondisi terbaik sebelum digunakan, khususnya dalam perjalanan jarak jauh seperti mudik Lebaran, Dengan demikian, kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan kesadaran akan keselamatan berkendara yang merupakan aspek krusial dalam upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” Tutur Kasat Lantas AKP Rully Zuldh Fermana.

BACA JUGA: Penyalahgunaan Narkoba, Sopir Ekspedisi Diamankan Polres Seluma

Melalui pelaksanaan kegiatan pemeriksaan keselamatan kendaraan ini, Polres Mukomuko, Dinas Perhubungan Mukomuko, dan Jasa Raharja berharap dapat memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa upaya maksimal telah dilakukan untuk menjamin keselamatan seluruh pengguna jalan selama masa angkutan Lebaran, Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Budi utoyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *