Pj Walikota Bengkulu Hadiri Penyerahan Laporan Keuangan LKPP 2023

Pj Walikota Bengkulu
Foto: Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi bersama Ketua DPRD Kota Bengkulu pada saat menghadiri Hadiri Penyerahan Laporan Keuangan LHP LKPP 2023 di jakarta, Pada hari Senin, (8/7/24), (Ft/MCKB).

Pj Walikota Bengkulu Hadiri Penyerahan Laporan Keuangan LKPP 2023

KANTOR-BERITA.COM, JAKARTA|| Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu Arif Gunadi, bersama Ketua DPRD Kota Bengkulu, Suprianto, Kepala Bappeda, Medy Febriansyah dan Inspektur Inspektorat, Eka Rika Rino, menghadiri acara penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023 serta Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023 di Jakarta, Pada hari Senin, 8 Juli 2024.

Acara ini dipimpin oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Isma Yatun, yang menyerahkan LHP LKPP tahun 2023 kepada Presiden RI, Joko Widodo. Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat dan daerah atas keberhasilan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan tahun 2023.

BACA JUGA: Pelepasan 73 ASN Purna tugas Kota Bengkulu, PJ Walikota Apresiasi Atas Dedikasi Puluhan Tahun

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa predikat WTP bukan hanya sebuah prestasi, tetapi merupakan kewajiban bagi setiap pemerintah dalam menggunakan, mengelola, dan mempertanggungjawabkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara transparan dan akuntabel. Presiden menekankan pentingnya orientasi pemerintah tidak hanya pada prosedur tetapi juga pada hasil yang nyata dan manfaat bagi rakyat serta kemajuan negara.

Jokowi juga meminta seluruh jajaran pemerintah untuk tidak terbelenggu oleh rumusan prosedur yang berorientasi pada proses. Menurutnya, pemerintah harus lebih fokus pada hasil dan capaian yang membawa manfaat nyata bagi rakyat dan kemajuan negara.

BACA JUGA: Pj Walikota Bengkulu Targetkan Peningkatan SPIP ke Level 4 pada Tahun 2024

Selain Presiden, acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, para kepala daerah, serta tamu undangan lainnya. Kehadiran para pemimpin dari berbagai tingkatan pemerintahan menunjukkan komitmen bersama dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

Dalam kesempatan ini, Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Ia menegaskan bahwa pencapaian predikat WTP oleh Pemkot Bengkulu tidak hanya menjadi kebanggaan tetapi juga menjadi tanggung jawab besar untuk terus menjaga kepercayaan masyarakat.

BACA JUGA: PJ Walikota Bengkulu Hadiri Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Data Regsosek 2024

Arif Gunadi menjelaskan bahwa Pemkot Bengkulu akan terus berupaya memperbaiki sistem pengelolaan keuangan agar lebih efisien dan transparan. Langkah-langkah strategis akan terus dilakukan untuk memastikan bahwa setiap anggaran yang digunakan memberikan manfaat optimal bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu langkah konkret yang diambil oleh Pemkot Bengkulu adalah dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pengelolaan keuangan. Pelatihan dan pendampingan secara berkala akan diberikan kepada aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat dalam pengelolaan keuangan daerah.

BACA JUGA: Pj Walikota Bengkulu Tegaskan Program Kebahagiaan Terus Berkelanjutan Untuk Warga

Selain itu, Pemkot Bengkulu juga berkomitmen untuk terus memperkuat sistem pengawasan internal. Dengan adanya sistem pengawasan yang baik, diharapkan dapat meminimalisir potensi penyimpangan dan memastikan bahwa setiap anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan peruntukannya. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *