Pilkada Mukomuko 2024: Persaingan Adu Kuat Antara Incumben Vs Mantan dan Penantang Baru

Pilkada Mukomuko 2024
Pilkada Mukomuko 2024: Persaingan Adu Kuat Antara Incumben Vs Mantan dan Penantang Baru, (ft/Ist).

Pilkada Mukomuko 2024: Persaingan Adu Kuat Antara Incumben Vs Mantan dan Penantang Baru

KANTOR-BERITA.COM, MUKOMUKO|| Untuk menyambut Pilkada Mukomuko 2024, suasana politik di Kabupaten Mukomuko semakin intens dan dinamis. Banyak tokoh yang telah menyatakan kesiapannya untuk maju dalam bursa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko. Dua kandidat yang hampir pasti akan bertarung adalah incumben Bupati aktif, H. Sapuan, dan mantan Bupati, Choirul Huda. Namun, sorotan juga tertuju pada dua tokoh lainnya, yaitu Ir. Muharamin dan Edwar Setiawan, yang juga dinilai serius dalam persiapannya, menambah semarak persaingan ini.

Sebagai seorang pemerhati politik dan ahli Hukum Tata Usaha Negara, Muslim Chaniago, SH, MH, memberikan pandangannya tentang dinamika politik yang sedang berkembang di Mukomuko.

BACA JUGA: Muhammad Mardiono: PPP Dorong Kader Maju Pilkada Serentak 2024 di Bengkulu

”Pilkada Mukomuko 2024 bisa saja menghadirkan pilihan seperti Pilkada 2015 dengan tiga pasangan calon, atau kembali seperti Pilkada 2020 dengan hanya dua pasangan calon,” ungkap Muslim.

“Dilihat dari persiapan yang telah dilakukan, incumben dan mantan incumben hampir pasti akan kembali mencalonkan diri, Saat ini kita hanya menunggu untuk melihat siapa-siapa saja yang akan mencalonkan diri selain dari kedua nama besar tersebut, Meskipun calon potensial cukup banyak, namun yang memiliki peluang bersaing selain Sapuan dan Huda, saya melihat ada dua nama, yaitu Edwar dan Muharamin,” tambahnya.

BACA JUGA: Jelang Pilgub, Petahan Rohidin Sebut Kita Tunggu PKPU Pilkada 2024

Muslim Chaniago juga menekankan bahwa kemungkinan besar jumlah pasangan calon Bupati Mukomuko tidak akan melebihi tiga, atau bahkan hanya dua saja, mengingat persyaratan yang cukup berat untuk mendapatkan dukungan dari partai politik.

“Para calon akan bersaing dalam dua tahap yang membutuhkan dukungan finansial yang besar. Pertama, mereka harus bersaing untuk mendapatkan dukungan dari partai politik, yang mana ini bukan rahasia lagi membutuhkan dana yang signifikan. Kedua, mereka harus siap untuk bersaing dalam tahap pemilihan dengan memerlukan anggaran kampanye yang tidak sedikit. Calon-calon harus memiliki strategi yang matang, terutama menghadapi petahana,” jelasnya.

BACA JUGA: Sapuan Nyatakan Keseriusan Maju sebagai Calon Gubernur Bengkulu di Kantor Partai Gerindra

Saat ini, kegiatan sosialisasi dari para kandidat sudah mulai terlihat sangat intensif. Ir. Muharamin dan Edwar Setiawan, sebagai contoh, aktif dalam melakukan sosialisasi di masyarakat dan terus berupaya untuk mendapatkan dukungan dari partai politik yang akan mengusung mereka. Kedua tokoh ini tidak hanya dikenal luas di masyarakat Mukomuko, tetapi juga memiliki strategi yang terukur untuk mendapatkan simpati publik dan dukungan penuh dari partai.

Berikut adalah daftar para bakal calon Bupati Mukomuko yang sudah muncul dan menjadi sorotan publik:

  1. Sapuan SE, MM, Ak, CA, CPA,CPI – Incumben atau Bupati aktif saat ini.
  2. Mayor Inf (Purn) Choirul Huda – Mantan Bupati Mukomuko periode 2016-2021.
  3. Ir. Wismen A Razak – Mantan calon bupati dan calon anggota DPR RI asal Mukomuko.
  4. Edwar Setiawan, SKM – Pengusaha asal Mukomuko di Bengkulu.
  5. Ir. Muharamin – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu.
  6. Wisnu Hadi, SE – Anggota DPRD Mukomuko tiga periode.
  7. Ir. Renjes Zaetheddy – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Mukomuko dari PKB.

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Budi utoyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *