Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024: Semangat Pancasila Jiwa Pemersatu Menuju Indonesia Emas 2045

Hari Lahir Pancasila 2024
Foto: Forkominda kota bengkulu bersama Pelajar Kota Bengkulu setelah melakukan Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila 2024, acara berlangsung di Balai Kota Merah Putih pada hari sabtu, (1/6/24), (Ist).

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024: Semangat Pancasila Jiwa Pemersatu Menuju Indonesia Emas 2045

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Dihalaman depan masjid Merah Putih Kelurahan Pekan Sabtu telah dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024, Sabtu (01/06).

Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0407 Kota Bengkulu Letkol Inf Widi Rahman, S.H., M.Si dan dihadiri oleh Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Dedy Nata, Sekda Kota Bengkulu Eka Rika Rino, perwakilan dari kejaksaan negeri Bengkulu, para staf ahli walikota, para asisten seluruh kepala OPD, seluruh camat, lurah, dan ASN.

” Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045, ” ucap Dandim yang membacakan pidato dari kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

BACA JUGA: Percepat Sertifikasi Aset Tanah Pemkot dalam Pengamanan Aset Bermasalah

Disampaikannya, tema tersebut memiliki maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Kita harus bersyukur sebagai sebuah bangsa yang majemuk, karena Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

” Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika, ” tuturnya.

BACA JUGA: BSSN Selenggarakan Bimtek Kesiapsiagaan Insiden Keamanan Siber untuk CSIRT Pemerintah Daerah

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada, terutama kaum milenial dan generasi Z (gen-Z) untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

” Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa, ” ujarnya.

Mengapa yang lebih ditekankan adalah kaum milenial? “Karena pemuda itu adalah harapan bangsa. Jadi dengan semangat lahirnya pancasila saya menghimbau kepada seluruh pemuda-pemuda mari kita sama-sama mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila ini,” jelas Widi.

BACA JUGA: BPBD Kota Bengkulu Siapkan Peralatan dan Sembako untuk Antisipasi Banjir di Tengah Cuaca Tidak Menentu

Sekda Kota Bengkulu Eka Rika Rino saat diwawancarai terkait hari lahir pancasila mengatakan bahwa kaum milenial dan gen z sudah diperhitungkan menjadi harapan Indonesia menuju Indonedia emas 2045.

” Jadi selain kaum milenial, Gen Z juga menjadi harapan menuju Indonesia 2024, Milenial ini masih dalam proses menjadi aktor pembangunan, Namun dalam 22 tahun ke depan, merekalah yang akan menjadi aktor utama dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, ” Ujar Eka,

Dalam konteks ini, Eka melihat pentingnya investasi dalam Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai kunci meraih bonus demografi, Untuk itu ia mengajak generasi muda Kota Bengkulu untuk mulai menyusun rencana Pembangunan Jangka Panjang daerah sekarang juga,

“Investasi dalam SDM menjadi kunci utama untuk meraih bonus demografi, Impian besar untuk Indonesia Emas 2045 harus didefinisikan oleh visi generasi muda saat ini, Mimpi 2045 harus dikawal oleh generasi muda, bukan hanya berdasarkan harapan kita saat ini, Mereka adalah aktor utama yang akan menjalankan pembangunan nantinya,” demikian Eka. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *