Peringatan Hari Baden Powell ke-167: Mengenang Warisan Pramuka dan Pendidikan Karakter

Peringatan Hari Baden Powell
Foto: Asisten II Kota Bengkulu, Sehmi, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab 0704 Kota Bengkulu, pada pembukaan acara Peringatan Hari Baden Powell, acara berlangsung di ruang Hidayah, kantor Walikota, pada hari Kamis (29/2/24).

Peringatan Hari Baden Powell ke-167: Mengenang Warisan Pramuka dan Pendidikan Karakter

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Kwartir 0704 Kota Bengkulu mengadakan acara istimewa untuk Peringatan Hari Baden Powell ke-167 di ruang Hidayah, kantor Walikota, pada hari Kamis (29/2/24).

Peringatan Hari Baden Powell ke-165 dirayakan dengan semarak, dihadiri oleh pengurus kwarda, kwarcab, kwarran, pelatih pembina, pamong saka, instruktur gerakan pramuka, serta kamabigus, wakamabigus, dan pembina gugus depan dari seluruh Kota Bengkulu. Acara dipimpin oleh Asisten II Kota Bengkulu, Sehmi, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab 0704 Kota Bengkulu.

Peringatan Hari Baden Powell
Foto: Upacara Peringatan Hari Baden Powell Kwartir ke-167 oleh Kwartir 0704 Kota Bengkulu, sekaligus Pengukuhan Pengurus Cabang Perguruan INKANAS, acara berlangsung di ruang Hidayah, kantor Walikota, pada hari Kamis (29/2/24).

Pada kesempatan ini, dilakukan juga pengukuhan Pengurus Cabang Perguruan INKANAS Kota Bengkulu Masa Bakti 2024-2028 oleh Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab 0704 Kota Bengkulu.

Setelah pengukuhan, Sehmi menekankan bahwa setiap anggota pramuka harus mengikuti teladan yang ditinggalkan oleh Baden Powell. Ia menegaskan bahwa Baden Powell sangat menekankan pentingnya cinta terhadap Tanah Air.

BACA JUGA: Kwartir Cabang 0705 Seluma Gelar Rapat Orientasi untuk Menyongsong Tahun 2024

“Baden Powell sangat menekankan hal ini. Sebagai seorang mantan tentara, dia sangat menghargai kehormatan negaranya, Oleh karena itu, sebagai generasi muda saat ini, penting bagi kita untuk menanamkan rasa cinta terhadap tanah air,” tuturnya.

Sehmi juga menyoroti bahwa kegiatan yang pertama kali digagas oleh Baden Powell merupakan bagian dari pendidikan karakter yang bertujuan menjadikan kaum muda sebagai individu yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, bangsa, dan negara.

BACA JUGA: Kwartir 0704 Kota Bengkulu Peringati Hari Pramuka ke-62 di Kota Merah Putih

Dia juga menyatakan bahwa semua kwartir ranting di setiap kecamatan dan sekolah mendukung berbagai kegiatan pramuka ke depannya.

Sebagai informasi tambahan, Gerakan Kepanduan digagas oleh Robert Baden-Powell seorang anggota angkatan darat Inggris, Antara tahun 1906-1907 ia menulis buku “Scouting for Boys” yang menjadi panduan bagi remaja untuk melatih keterampilan, ketangkasan, cara bertahan hidup dan pengembangan moral.

BACA JUGA: Sekda Sambut Kontingen Raimuna Kwarcab 0705 Tiba Di bumi Serasan Seijoan

Pengaruh Baden Powell kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi dasar dari Gerakan Kepanduan, yang dikenal sebagai Pramuka di Indonesia. Hari lahir Baden Powell, tanggal 22 Februari, diperingati sebagai Hari Pramuka Internasional. Ia dilahirkan di London pada 22 Februari 1857.

Pada 8 Januari 1942, Baden Powell wafat pada usia 83 tahun. Tempat peristirahatan terakhirnya adalah sebuah makam kecil di Nyeri dengan latar belakang Gunung Kenya. Di batu nisannya terpahat kata-kata “Robert Baden-Powell, Pemimpin Pramuka Dunia”. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *