Pemprov Bengkulu Gelar Uji Emisi Kendaraan Dinas Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Uji Emisi Kendaraan Bengkulu
Foto: Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Isnan Fajri (Batik) pada saat melihat Uji Emisi Kendaraan Dinas Pemerintah Provinsi Bengkulu, dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kegiatan berlangsung di halaman apel Kantor Gubernur, pada Jumat, (21/6/24), (Ft/Ist).

Pemprov Bengkulu Gelar Uji Emisi Kendaraan Dinas Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU|| Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Provinsi Bengkulu mengambil langkah proaktif dengan menggelar uji emisi untuk kendaraan dinas. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Isnan Fajri di halaman apel Kantor Gubernur, pada Jumat, 21 Juni 2024. Uji emisi ini merupakan bagian dari komitmen Pemprov Bengkulu untuk mendukung lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Dengan semakin meningkatnya perhatian terhadap kualitas udara dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat, Pemerintah Provinsi Bengkulu melihat pentingnya menjaga emisi gas buang kendaraan. Kendaraan dinas pemerintah, yang secara rutin digunakan untuk berbagai keperluan operasional, menjadi fokus utama dalam program ini. Sekda Isnan Fajri memimpin langsung kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam mengurangi polusi udara.

BACA JUGA: Uji Kompetensi PPT Pratama 2024: Isnan Fajri Pimpin Evaluasi Kepemimpinan OPD Pemprov Bengkulu

Pemprov Bengkulu menggandeng Agung Toyota Mall Bengkulu, yang dikenal memiliki fasilitas uji emisi yang lengkap dan modern. Kerja sama ini memungkinkan pelaksanaan uji emisi berjalan dengan lancar dan sesuai standar yang ditetapkan.

“Kami memilih bekerja sama dengan Agung Toyota karena mereka memiliki peralatan dan teknologi yang memadai untuk memastikan hasil uji emisi yang akurat,” ujar Isnan Fajri.

BACA JUGA: Kemenkumham Bengkulu: Pelanggaran Kekayaan Intelektual Mencapai 50 Kasus Tahun 2023

Uji emisi merupakan proses pengukuran kadar polutan yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Polutan seperti karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), dan nitrogen oksida (NOx) dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Dengan melakukan uji emisi, pemerintah dapat memantau dan mengendalikan tingkat polusi yang dihasilkan oleh kendaraan dinas mereka.

“Uji emisi ini penting untuk memastikan kendaraan dinas kita tidak berkontribusi secara signifikan terhadap pencemaran udara, Ini adalah bagian dari tanggung jawab kita sebagai pemerintah untuk menjaga lingkungan,” Terang Isnan.

Melihat keberhasilan dan pentingnya uji emisi ini, Sekda Isnan Fajri juga mengungkapkan rencana Pemprov Bengkulu untuk membeli peralatan uji emisi sendiri. Langkah ini dimaksudkan untuk memperkuat sarana dan prasarana yang dimiliki pemerintah dalam menjalankan program pengendalian emisi kendaraan.

BACA JUGA: Sekda Bengkulu Buka Rakernas Pembinaan IKM, Pengembangan Ekonomi Daerah

”Ke depan, kami berencana untuk memiliki peralatan uji emisi sendiri, Ini akan mempermudah kita dalam melakukan pengawasan dan pemeliharaan kendaraan dinas secara rutin,” kata Isnan.

Kegiatan uji emisi kendaraan dinas ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan Pemprov Bengkulu dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Selain uji emisi, pemerintah juga telah mengimplementasikan berbagai program lain seperti penanaman pohon, kampanye pengurangan penggunaan plastik, dan pengelolaan sampah yang lebih baik.

“Kami terus berupaya untuk menjalankan program-program yang mendukung keberlanjutan lingkungan, Ini adalah bagian dari visi kami untuk menjadikan Bengkulu sebagai provinsi yang hijau dan sehat,” tegas Isnan Fajri. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *