Pemkot Bengkulu Himbau Warga Hindari Panic Buying Jelang Idul Fitri

Bahan Pangan
Foto: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bengkulu Gita Gama. (dok).

Pemkot Bengkulu Himbau Warga Hindari Panic Buying Jelang Idul Fitri

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Pemerintah Kota Bengkulu menyerukan kepada warganya untuk bertindak bijak dan tidak melakukan pembelian besar-besaran atau memborong bahan pangan menjelang dan selama Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Ditegaskan bahwa stok bahan pangan di kota tersebut cukup dan dijual dengan harga yang terjangkau.

Kadis Kominfo Kota Bengkulu, Gita Gama, pada hari Rabu, tanggal 3 April, mengimbau warga agar tidak membeli bahan kebutuhan pokok secara berlebihan.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu dan Bulog Perkuat Penyaluran Beras SPHP ke Kelurahan

“Kami menghimbau masyarakat agar tidak berlebihan dalam membeli bahan pokok, Tindakan menimbun bahan pokok secara tidak teratur yang tidak dapat dipertanggungjawabkan harus dihindari,” kata Gita Gama.

Menurut Gita, bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk melatih diri mengendalikan perilaku yang dapat memberikan dampak negatif pada kehidupan sosial kemasyarakatan, termasuk kebiasaan pembelian panik atau panic buying.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu dan Baznas Berikan Bantuan Sembako kepada 327 PTT DLH

Gita juga menyatakan bahwa Pemerintah Kota Bengkulu bekerja sama dengan berbagai stakeholder, termasuk Bulog, Bank Indonesia, kepolisian, kejaksaan, dan lainnya, untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat Kota Bengkulu.

“Kami tidak ingin upaya pemerintah untuk menjamin ketersediaan bahan pokok bertentangan dengan perilaku masyarakat,” terang Kadis Kominfo Gita.

BACA JUGA: Pemkot Gelar GPM Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Idul Fitri 2024

Pemerintah Kota Bengkulu berkomitmen penuh untuk memastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi dengan harga yang sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat.

Erika Ariesanti, Kabid Pengembangan Perdagangan di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bengkulu, menambahkan bahwa stok bahan pokok selama bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri dipastikan aman dan stabil hingga Juni 2024, sehingga tidak ada kekurangan.

BACA JUGA: Pemkot Bengkulu Tegaskan Sanksi untuk ASN yang Perpanjang Libur Lebaran

Erika juga mengingatkan distributor dan agen agar tidak melakukan praktik manipulasi harga yang dapat menyebabkan ketidakstabilan harga di pasar.

“Distributor telah berkomitmen untuk menjaga ketersediaan bahan pokok dan tidak akan menaikkan harga pasar,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Bengkulu, dalam upayanya untuk memenuhi peningkatan konsumsi selama Ramadan dan Idul Fitri, telah berkoordinasi untuk menjaga stabilitas harga dan stok pangan bersama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog), menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjaga keseimbangan pasokan dan harga bahan pokok untuk kenyamanan warga. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *