Pemkab Seluma Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit: Langkah Strategis untuk Meningkatkan Produktivitas

Sosialisasi peremajaan kelapa sawit
Foto: Pemerintah Kabupaten Seluma menggelar acara Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit di Hotel Arnanda Tais Pada Kamis, (13/6/24), (Ft/Ist).

Pemkab Seluma Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit: Langkah Strategis untuk Meningkatkan Produktivitas

KANTOR-BERITA.COM, SELUMA|| Pemerintah Kabupaten Seluma menggelar acara Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit di Hotel Arnanda Tais Pada Kamis, (13/6/24), Acara ini dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Seluma, Almedian Saleh, SKM, ME, yang mewakili Bupati Seluma. Kegiatan ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Seluma, perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, serta para petani kelapa sawit se-Kabupaten Seluma.

Almedian Saleh dalam Pembukaannya Mengatakan, Sosialisasi ini menjadi momentum penting dalam upaya strategis pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas perkebunan kelapa sawit di daerah tersebut.

BACA JUGA: Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-28: Pemkab Seluma Fokus pada Kesehatan Lansia

” Peremajaan kelapa sawit (replanting) merupakan upaya vital untuk memperbaiki dan meningkatkan produksi kelapa sawit di Indonesia, termasuk di Kabupaten Seluma, Pohon kelapa sawit yang telah berusia lebih dari 25 tahun biasanya mengalami penurunan produktivitas dan kualitas, Oleh karena itu, peremajaan menjadi solusi jangka panjang untuk memastikan kelapa sawit tetap menjadi komoditas unggulan, ” Kata Almedian Saleh.

Almedian Saleh, Menambahkan harapan besar dari pemerintah daerah terhadap para peserta sosialisasi. “Kami berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan mengambil manfaat maksimal dari setiap sesi yang disampaikan,” ujar Almedian.

Beliau juga menekankan bahwa pemahaman yang baik tentang proses peremajaan akan membantu para petani dalam mengelola perkebunan mereka dengan lebih efisien dan produktif.

BACA JUGA: Optimasi Pungutan Pajak: Pemkab Seluma Sinergi dengan Pemerintah Provinsi

” Kelapa sawit yang berkualitas hanya bisa dihasilkan melalui pengelolaan yang baik dan pemahaman yang mendalam tentang peremajaan, Kami yakin, melalui sosialisasi ini, para petani akan mendapatkan bekal yang cukup untuk mencapai tujuan tersebut, ” tegasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial, SP, M.Si, menekankan pentingnya sosialisasi ini sebagai bagian dari program nasional untuk meningkatkan peremajaan kelapa sawit.

“Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah memberikan informasi dan pemahaman yang komprehensif kepada para petani tentang tata kelola perkebunan kelapa sawit yang optimal, Dengan pemahaman ini, kita bisa memastikan perkebunan yang siap menghasilkan produk berkualitas tinggi,” jelas Arian.

BACA JUGA: Pemkab Seluma Bersiap Mengembangkan Pelabuhan: Kunjungan Kementerian Kemaritiman dan Investasi RI

Beliau juga menyoroti betapa pentingnya pemahaman tentang teknologi terbaru dan praktik terbaik dalam peremajaan kelapa sawit. “Dengan pengetahuan yang tepat, para petani dapat melakukan replanting secara efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil panen dan kualitas kelapa sawit,” tambahnya.(**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rego

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *