Optimasi Pungutan Pajak: Pemkab Seluma Sinergi dengan Pemerintah Provinsi

pajak
Foto: Pemerintah Kabupaten Seluma saat menerima Audensi Kepala UPTD Samsat Seluma dan Jasa Raharja, dalam Optimasi Pungutan Pajak, pertemuan berlangsung di ruang Asisten Administrasi dan Umum, pada hari kamis, (2/5/24).

Optimasi Pungutan Pajak: Pemkab Seluma Sinergi dengan Pemerintah Provinsi

KANTOR-BERITA.COM, SELUMA|| Dalam sebuah pertemuan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Seluma, H. Hendarsyah, S.IP, M.T, bersama Asisten Administrasi dan Umum, Riduan Sabrin, ST, mengadakan audiensi dengan Kepala UPTD Samsat Seluma dan Jasa Raharja. Audiensi ini berlangsung di ruang Asisten Administrasi dan Umum dan membahas berbagai topik penting yang berkaitan dengan pajak dan retribusi daerah.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi terkait dengan Operasi Pungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Operasi Pungutan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), serta Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) yang sebelumnya telah dilaksanakan di Provinsi Bengkulu. Hadir dalam audiensi ini beberapa pejabat terkait, termasuk Staf Ahli, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala BKD, Kabag Pemerintahan, Kabid Pembukuan dan Pelaporan, serta Kabid Penetapan Bapenda Seluma.

Kepala Bapenda Seluma, Suparjoh, S. Sos, M. Si, menginformasikan bahwa opsen pajak merupakan pungutan tambahan berdasarkan persentase tertentu yang diatur dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, serta Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu No 7 Tahun 2023 dan Peraturan Daerah Kabupaten Seluma No 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah,

Dalam audiensi tersebut, dibahas dan disepakati bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menerima opsen pajak MBLB dari Kabupaten Seluma, sementara Pemerintah Kabupaten Seluma akan menerima opsen pajak dari PKB dan BBNKB.

“Audensi ini menghasilkan suatu rumusan bahwa kedua pihak pemerintah akan saling menerima opsen pajak yang relevan, yang akan memudahkan proses penggunaan dana tersebut dalam pembangunan di Kabupaten Seluma,” Ujar Kepala Bapenda.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, H. Hendarsyah, menyatakan dukungannya terhadap kesepakatan ini.

“Opsi ini sangat menguntungkan karena memungkinkan Pemerintah Kabupaten Seluma, serta Pemerintah Provinsi, untuk langsung menerima pungutan dan menggunakannya dalam pembangunan, yang akan menjadi tumpuan untuk mencapai target pendapatan daerah dari opsen pajak PKB dan BBNKB,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui UPTD Samsat Seluma juga mengungkapkan harapannya akan adanya dukungan berkelanjutan dari Pemerintah Kabupaten Seluma, baik dalam hal program kegiatan maupun sumber daya manusia, untuk memastikan kelancaran dan efektivitas penerapan kebijakan pajak dan retribusi daerah ini. Dengan kerjasama yang erat antara pemerintah provinsi dan kabupaten, diharapkan pengelolaan pajak dan retribusi daerah dapat berjalan lebih efisien dan efektif, mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Seluma. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rego

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *