Pemdes Dusun Baru Selesaikan Pembangunan Sumur Bor untuk Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Warga

Pembangunan sumur bor
Foto: Sumur Bor yang baru saja dibangun oleh Pemerintah Desa Dusun Baru, memakai Dana APBDesa tahun 2024, (Ist/EM).

Pemdes Dusun Baru Selesaikan Pembangunan Sumur Bor untuk Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Warga

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU TENGAH|| Pemerintah Desa Dusun Baru, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah telah menyelesaikan pembangunan dan pembuatan sumur bor untuk warganya. Pembangunan ini didanai melalui APBDes 2024, berdasarkan usulan warga. Kepala Desa Dusun Baru, Fauzi, menyampaikan pada hari Selasa (21/5/2024) bahwa pembangunan sumur bor tahun ini berhasil diselesaikan di dua titik, yaitu di wilayah Kadun Tiga.

Selama beberapa waktu terakhir, Desa Dusun Baru mengalami kekurangan pasokan air bersih akibat musim kemarau yang menyebabkan sumur warga dan sungai mengalami kekeringan, Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah desa memutuskan untuk membangun sumur bor guna memenuhi kebutuhan air bersih warga, Pembangunan sumur bor ini dimulai pada bulan Februari 2024 dan selesai pada bulan April 2024 dengan kedalaman mencapai 80-120 meter. Setiap unit sumur bor ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 23.258.500.

BACA JUGA: Desa Lubuk Sanai Salurkan BLT-DD Sekaligus Cek Kesehatan Lansia

Kepala Desa Dusun Baru, Fauzi, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membantu pemenuhan air bersih bagi warga desa, khususnya wilayah Dusun Baru 1-3 yang tidak mendapatkan pasokan air dari PDAM. Dengan adanya sumur bor ini, diharapkan tersedia sumber air yang lebih andal dan mudah dijangkau bagi masyarakat setempat.

“Selain memenuhi kebutuhan air bersih warga, pembangunan sumur bor ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, Air bersih merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup warga desa. Dengan adanya sumur bor, warga tidak perlu lagi mengkhawatirkan kekurangan air bersih terutama saat musim kemarau tiba,” Ujar Kades Faizi.

BACA JUGA: Inovasi Desa Sunda Kelapa: 11 Warga Terima Sapi dalam Program Ketahanan Pangan

Lanjut Fauzi, Sumur bor yang dibangun di Desa Dusun Baru juga dirancang untuk dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat. Pemerintah desa berkomitmen untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan sumur bor secara berkala agar dapat terus berfungsi dengan baik dan memberikan pasokan air yang cukup bagi warga.

“Pembangunan sumur bor ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat dan memenuhi kebutuhan dasar mereka, Langkah ini juga menunjukkan komitmen pemerintah desa dalam mengelola dana APBDes dengan baik dan transparan untuk kesejahteraan masyarakat,” Terang Fauzi.

Lalu Kepala Desa Dusun Baru, Fauzi, mengajak seluruh warga untuk turut serta menjaga dan merawat sumur bor yang telah dibangun. Ia berharap agar warga dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan bijak dan ikut serta dalam upaya menjaga keberlanjutan pasokan air bersih di desa.

BACA JUGA: Desa Banyumas Bengkulu Utara Titik Nol Pemasangan Tiang Listrik

Selain itu, Fauzi juga mengajak warga untuk terus memberikan masukan dan usulan terkait pembangunan infrastruktur lainnya yang dibutuhkan oleh desa. Pemerintah desa selalu terbuka untuk menerima aspirasi dari warga demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

“Kita Pemerintah Desa Dusun Baru berkomitmen untuk terus melanjutkan berbagai program pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat, Selain pembangunan sumur bor, pemerintah desa juga akan fokus pada pembangunan infrastruktur lainnya seperti jalan desa, BLT-DD, fasilitas kesehatan dan pendidikan,” Terang Fauzi.

Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, pemerintah desa juga akan terus mengadakan berbagai program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat. Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas warga agar mereka dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

BACA JUGA: Pemkab Bengkulu Tengah Bagikan Paket Sembako di Desa Pulau Panggung

“Kami dari Pemerintah Desa Dusun Baru juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan sumur bor ini, Kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak sangat penting untuk keberhasilan program-program pembangunan di desa,” Tutur Fauzi.

Ke depan, pemerintah desa akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Dengan komitmen yang kuat dan kerjasama yang baik, Desa Dusun Baru diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi desa yang maju, sejahtera, dan mandiri. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Erwan
ADVERTORIAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *