Pasar Murah Bengkulu Utara: Upaya Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Jelang Idul Fitri

Pasar Murah
Foto: Bupati Kabupaten Bengkulu Utara Ir. H. Mian pada kegiatan pasar murah di kecamatan Pinang Raya pada Senin, (1/4/24).

Pasar Murah Bengkulu Utara: Upaya Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Jelang Idul Fitri

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU UTARA – Dalam upaya mengantisipasi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri 2024, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, dalam Hal ini Bupati Ir. H. Mian, telah melaksanakan apel siaga pengamanan pasokan dan harga bahan pangan. Kerjasama ini terjalin bersama Badan Pangan Nasional, yang menandai dimulainya kegiatan pasar murah di kecamatan Pinang Raya pada Senin, 1 April 2024.

Kegiatan ini berawal dari partisipasi dalam apel siaga yang diadakan secara virtual, melibatkan kepala daerah dari seluruh Indonesia yang diprakarsai oleh Badan Pangan Nasional Republik Indonesia melalui zoom meeting. Apel siaga ini bertujuan untuk memastikan pasokan dan harga bahan pangan tetap stabil menjelang Idul Fitri. Setelah itu, Bupati bersama tim langsung mengunjungi lokasi pasar murah sembako yang berada di rest area Bukit Makmur, Kecamatan Pinang Raya.

BACA JUGA: Pasar Murah Kota Bengkulu: Upaya Pemerintah Kendalikan Inflasi Jelang Idul Fitri 1445 H

Bupati Bengkulu Utara, dalam sambutannya, menyatakan bahwa kegiatan pasar murah ini merupakan langkah konkret dari pemerintah kabupaten dalam menjaga stabilitas harga dan memastikan ketersediaan bahan pangan di Bengkulu Utara menjelang hari raya.

”Kita telah mengambil langkah proaktif hari ini, dengan segera mengadakan pasar murah setelah mendapatkan arahan dari Badan Pangan Nasional melalui zoom meeting, Ini adalah bagian dari upaya kita untuk menjaga harga dan ketersediaan bahan pangan di wilayah kita menjelang Idul Fitri,” terang Bupati.

BACA JUGA: Pameran Halal Fair Bengkulu Perkuat Pasar Produk Halal UMKM

Hadir dalam kegiatan ini, para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bengkulu Utara atau perwakilan mereka, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Utara, Camat Pinang Raya, Kepala Desa Bukit Makmur, serta pejabat dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama dalam mendukung keberhasilan kegiatan ini.

Dengan diadakannya pasar murah ini, diharapkan masyarakat dapat mengakses bahan pangan dengan harga yang lebih terjangkau, sekaligus menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Bengkulu Utara. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam menjamin bahwa persiapan menjelang Idul Fitri dapat berjalan dengan lancar, mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka.

BACA JUGA: Pengendalian Inflasi: Disperindag Kota Bengkulu Buka Pasar Murah di Setiap Kecamatan

Selain itu, kegiatan ini juga menegaskan pentingnya kerjasama antarlembaga dan sinergi antara pemerintah daerah dengan Badan Pangan Nasional dalam memastikan ketersediaan dan harga bahan pangan yang stabil. Dengan demikian, harapan untuk menjaga inflasi pada tingkat yang wajar dan memastikan semua lapisan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan sukacita, tanpa kekhawatiran terhadap kenaikan harga bahan pangan, semakin mendekati kenyataan.

Melalui upaya-upaya seperti ini, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara berharap dapat terus meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar. Kegiatan pasar murah dan apel siaga pengamanan pasokan dan harga bahan pangan ini diharapkan menjadi langkah awal dari serangkaian upaya yang akan terus dilakukan untuk menjaga stabilitas sosial ekonomi masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara, khususnya dalam menghadapi momen-momen penting seperti Idul Fitri. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Rio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *