Operasi Keselamatan Nala 2024 Dimulai: Upaya Polda Bengkulu Meningkatkan Kesadaran Berkendara

Operasi Keselamatan Nala 2024
Foto: Wakapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs. Agus Salim, menyematkan tanda dimulainya Operasi Keselamatan Nala 2024, Penyematan berlangsung di Lapangan Apel Anton Soejarwo, Polda Bengkulu, Pada hari sabtu, (2/3/24).

Operasi Keselamatan Nala 2024 Dimulai: Upaya Polda Bengkulu Meningkatkan Kesadaran Berkendara

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU – Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Nala 2024 telah resmi dimulai, dipimpin oleh Wakapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs. Agus Salim, pada Sabtu pagi di Lapangan Apel Anton Soejarwo, Polda Bengkulu. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk Anggota POM TNI AD, Anggota Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas), dan Dinas Perhubungan, menandai dimulainya operasi yang akan berlangsung selama 14 hari, dari 4 Maret hingga 17 Maret 2024.

Operasi Keselamatan Nala 2024, yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, bertujuan untuk menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H. Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Drs Armed Wijaya, M.H., dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakapolda, menekankan pentingnya operasi ini dalam meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

BACA JUGA: Polres Mukomuko dan FKPD Luncurkan Operasi Keselamatan Nala 2024 dan Aksi Keselamatan Jalan

“Kami berharap operasi keselamatan ini dapat meningkatkan disiplin berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan, serta mengurangi fatalitas korban, Tindakan kami mencakup aspek preemtif, preventif dan represif,” ujar Brigjen Pol Drs Agus Salim.

Fokus utama dari operasi ini adalah penertiban pelanggaran lalu lintas, termasuk pemeriksaan kelengkapan kendaraan, pelarangan membonceng lebih dari satu orang, pengendara di bawah umur, pengendara dalam keadaan mabuk, melebihi batas kecepatan, melawan arus lalu lintas, dan penggunaan ponsel saat berkendara. Selain itu, edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan helm dan safety belt juga menjadi prioritas.

BACA JUGA: Apel Gelar Pasukan Ops Nala 2024 dan Deklarasi Keselamatan Jalan di Seluma

Sebagai bagian dari operasi, Polda Bengkulu juga menginisiasi Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan. Aksi ini melibatkan berbagai pihak, termasuk komunitas masyarakat, pelajar, dan instansi terkait, yang berkomitmen untuk menciptakan budaya keselamatan berlalu lintas. Komitmen bersama ini ditandai dengan penandatanganan di atas kanvas sebagai simbol dari kesatuan tujuan menciptakan lingkungan berlalu lintas yang aman bagi semua.

“Operasi Nala ini diharapkan tidak hanya memperkuat kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan di jalan, juga mendorong terciptanya perubahan perilaku positif dalam berkendara, Melalui kerjasama dan komitmen yang solid dari seluruh elemen masyarakat diharapkan kegiatan Operasi Keselamatan Nala 2024 akan membawa dampak signifikan dalam mengurangi risiko kecelakaan dan membangun lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan” Ujar Wakapolda Brigjen Pol Drs Agus Salim. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *