Musim Tanam Padi Periode Pertama di Bengkulu: diprediksi akhir April

Musim Tanam Padi
Foto: Sawah Tanaman Padi milik warga di kota bengkulu, (dok)

Musim Tanam Padi Periode Pertama di Bengkulu: diprediksi akhir April

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU – Musim tanam padi periode pertama di Provinsi Bengkulu diprediksi akan dimulai pada akhir April 2024, menurut Destriana, Kepala Seksi Pupuk dan Pestisida Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu. Prediksi ini sejalan dengan rencana pendistribusian pupuk bersubsidi di wilayah Bengkulu.

Menurut Destriana, musim tanam diprediksi akan dimulai setelah Lebaran atau akhir April, mengingat situasi bulan puasa yang juga diperhatikan oleh para petani. Tahap musim tanam ini mencakup beberapa wilayah di Bengkulu, termasuk Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Mukomuko, dan Kabupaten Rejang Lebong.

BACA JUGA: Pupuk Bersubsidi Rejang Lebong, Distan Lakukan Pengawasan

“Wilayah Kabupaten Seluma mungkin memiliki empat kali musim tanam, sementara Kabupaten Lebong memiliki dua hingga tiga kali musim panen,” jelas Destriana.

Tahun ini, Provinsi Bengkulu mendapatkan alokasi pupuk subsidi sebanyak 32.917 ton, terdiri dari 15.378 ton pupuk Urea dan 17.539 ton pupuk NPK, Pendistribusian pupuk subsidi ini diharapkan dapat memberikan dukungan yang signifikan bagi musim tanam, terutama setelah musim kemarau yang baru saja berlalu.

BACA JUGA: Bantu Tingkatkan Produktifitas Pertanian, Kota Bengkulu Terima 282 Ton Alokasi Pupuk Subsidi

Destriana menekankan pentingnya distribusi pupuk subsidi dalam mendukung produktivitas pertanian, khususnya dalam mempersiapkan musim tanam padi. Ia juga menyoroti upaya pemerintah dalam memastikan ketersediaan dan distribusi pupuk secara merata di seluruh wilayah Bengkulu.

Pupuk subsidi tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung sektor pertanian, terutama bagi petani kecil dan menengah. Dengan ketersediaan pupuk yang cukup, diharapkan produktivitas pertanian dapat ditingkatkan, sehingga menciptakan ketahanan pangan yang lebih baik bagi masyarakat Bengkulu.

BACA JUGA: Bupati Seluma Serahkan Bantuan Pupuk Hayati Cair

Selain itu, Destriana menegaskan pentingnya koordinasi antara pemerintah daerah, petani, dan pihak terkait lainnya dalam memastikan pendistribusian pupuk subsidi berjalan lancar dan tepat waktu. Hal ini menjadi kunci keberhasilan dalam mendukung kelancaran musim tanam dan pertumbuhan sektor pertanian di Bengkulu.

“Dengan demikian, diharapkan para petani di Bengkulu dapat memulai musim tanam padi periode pertama dengan persiapan yang memadai, didukung oleh ketersediaan pupuk subsidi yang mencukupi,” tandasnya. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *