Momentum Akhir Kampanye: Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud Gelar Hajatan Politik Terakhir

Pemilu 2024
Foto: Kombinasi Calon Presiden Anis Baswedan (Dari Kiri), Prabowo Subianto (Tengah) dan Ganjar Pranowo (Kanan) Menghadiri Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center Senayan Jakarta, pada hari Minggu (4/1/24) Foto: ANTARA/Aprillio Akbar.

Momentum Akhir Kampanye: Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud Gelar Hajatan Politik Terakhir

KANTOR-BERITA.COM, JAKARTA – Hari ini, Sabtu, 10 Februari 2024, menjadi momentum penting bagi para peserta Pemilu 2024 untuk menggelar kampanye terakhir dan memperlihatkan kekuatan politik mereka. Di Jakarta, pasangan Capres nomor urut 01, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, dan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto – Gibran, akan mengundang jutaan pendukung di dua lokasi berbeda, sementara pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo – Mahfud Md, memilih Solo-Semarang sebagai tempat untuk mengakhiri serangkaian kampanye mereka.

Anies – Muhaimin memilih Jakarta Internasional Stadium (JIS) sebagai lokasi untuk mengumpulkan massa pendukungnya. Juru bicara tim Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Irwan Tarigan, menyatakan bahwa diperkirakan sebanyak 3 juta orang akan berkumpul di kawasan Jakarta Utara tersebut.

“Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa sekitar 3 juta orang akan hadir, berdasarkan jumlah yang telah mendaftar di situs web resmi kami, Saat ini kami telah mencatat lebih dari 15 juta pengunjung,” ungkap Irwan.

Kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Nusron Wahid, menyatakan bahwa lebih dari 500 ribu orang sudah mendaftarkan diri untuk hadir di kampanye akbar tersebut.

“Pada hari ini saja, jumlah pendaftar yang telah melebihi setengah juta orang,” kata Nusron di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta. Dia juga menegaskan bahwa kampanye tersebut terbuka untuk umum.

Nusron menekankan pentingnya untuk mematuhi peraturan terkait pemilu, termasuk larangan kehadiran anak-anak di acara kampanye.

Menurut Nusron, kampanye akbar dengan tema “Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju” akan dihadiri oleh puluhan selebritis Tanah Air. Setelah acara, Gibran Rakabuming Raka akan memimpin aksi kebersihan bersama dengan beberapa selebriti, termasuk Raffi Ahmad.

Nusron juga meminta maaf atas kemungkinan gangguan lalu lintas yang dapat terjadi akibat acara tersebut, terutama bagi warga Tionghoa yang sedang merayakan Imlek. Namun demikian, acara juga akan menampilkan barongsai sebagai bentuk penghargaan bagi warga Tionghoa.

Sementara itu, pasangan Ganjar-Mahfud akan menggelar kampanye akbar di dua kota di Jawa Tengah, yaitu Solo dan Semarang.

Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan bahwa kampanye akbar pada hari terakhir masa kampanye Pilpres 2024 ini menandai pergantian era kepemimpinan Indonesia.

”Dari Solo menuju Semarang, dari era Joko Widodo menuju era Ganjar Pranowo Dari daerah yang dulu melambangkan basis Jokowi, bergerak menuju Semarang, daerah yang merupakan perlambangan basis Ganjar Pranowo,” ujar Karaniya seperti dikutip Antara.

Karaniya menjanjikan bahwa kampanye akbar di dua kota tersebut akan ramai dengan partisipasi masyarakat. Pasangan Ganjar-Mahfud dijadwalkan akan berkampanye di Solo pada pagi hari dan di Semarang pada siang harinya.

”Masyarakat dapat menghadiri “Hajatan Rakyat di Semarang” yang dimulai pukul 13:00 WIB, Kita akan nantikan Mas Ganjar dan Prof Mahfud yang akan menyampaikan apa dalam menuju pemilihan umum 14 Februari,” ujar Karaniya.

Karaniya menjelaskan bahwa agenda kampanye akbar di Solo melibatkan ratusan ribu orang dari berbagai lapisan masyarakat dalam rangkaian grebeg atau prosesi pengiring Ganjar-Mahfud dengan kirab budaya dari Ngarsopuro menuju Benteng Vastenburg. Salah satu titik acara tersebut akan berlangsung di Balai Kota Surakarta.

“Grebeg dalam tradisi Jawa memiliki makna sebagai penghormatan kepada para pemimpin,” jelasnya.

Karaniya menambahkan bahwa kampanye akbar di Semarang akan dihadiri oleh sejumlah seniman dan artis ternama, termasuk Slank, Nassar, Nella Kharisma, Woro Widowati, Danang, Cak Lontong, dan Oppie Andaresta.

Tidak hanya itu, acara tersebut juga akan menampilkan duet spesial antara Alam Ganjar dan NDX AKA, serta Yenny Wahid dan Once Mekel.

Perlu diingat bahwa KPU telah menetapkan masa kampanye Pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Mangcek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *