Layanan Kesehatan Idul Fitri Bengkulu 424 Tenaga Medis di Siagakan

Layanan Kesehatan
Foto: POsko Kesehatan (2023)

Layanan Kesehatan Idul Fitri Bengkulu 424 Tenaga Medis di Siagakan

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU – Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu telah mengambil langkah proaktif dengan menyiagakan 424 tenaga kesehatan dan pendukung lainnya untuk memastikan layanan kesehatan yang optimal selama periode libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Edriwan Mansyur, menyampaikan bahwa dari total tenaga yang disiagakan, terdapat 92 dokter, 240 tenaga kesehatan seperti perawat dan personel medis lainnya, serta 92 sopir ambulans.

BACA JUGA: Antisipasi ISPA Bulan Ramadan: Dinkes Sarankan Hindari Minuman Dingin

“Kami telah menyiagakan tenaga kesehatan di seluruh posko kesehatan, termasuk yang berada di kabupaten dan kota,” ucap Edriwan pada hari Sabtu (23/3/24).

Menurut Edriwan, 424 tenaga kesehatan ini akan bertugas di 40 posko kesehatan yang telah didirikan di lokasi-lokasi strategis seperti daerah perbatasan atau pusat-pusat keramaian selama libur Idul Fitri.

BACA JUGA: Dinkes Kota Bengkulu Ingatkan Masyarakat Waspada Terhadap DBD Selama Musim Hujan

“Di setiap posko kesehatan, kami menempatkan tim medis yang terdiri dari enam orang yang akan bertugas dalam dua shift,” lanjut Edriwan.

Posko-posko kesehatan ini didirikan untuk memberikan layanan medis kepada masyarakat, khususnya para pemudik yang beraktivitas selama Hari Raya Idul Fitri. Posko-posko tersebut terletak di berbagai titik strategis di wilayah Bengkulu, termasuk di perbatasan dengan provinsi tetangga seperti Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur, serta Kota Bengkulu.

BACA JUGA: Jelang Libur Nataru: Dinkes Kota Bengkulu Siapkan 3 Titik Posko

Edriwan juga menjamin bahwa layanan dari dokter spesialis akan tetap tersedia selama libur Idul Fitri. Untuk kasus di mana dokter spesialis tidak tersedia di suatu daerah, pasien akan langsung dirujuk ke rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu pada Idul Fitri 1444 Hijriah atau tahun 2023 Masehi, ketika Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu hanya menyiagakan 50 posko kesehatan di 10 kabupaten dan kota, ada peningkatan yang signifikan dalam persiapan dan ketersediaan layanan kesehatan untuk libur Idul Fitri tahun ini, menunjukkan komitmen pemerintah dalam memastikan kesehatan dan keselamatan masyarakat selama periode liburan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *