Kota Bengkulu Masuk 10 Besar Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah 2024

Penghargaan
Foto: Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi (Tengah) Bersama Kepala Bappeda Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah, pada saat mengikuti acara Musrenbangnas 2024, acara berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada hari Senin (6/5). (foto: MCKB).

Kota Bengkulu Masuk 10 Besar Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah 2024

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Pemerintah Kota Bengkulu telah berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu dari sepuluh besar nominasi penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024, yang diorganisir oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI. Pengumuman ini disampaikan selama perhelatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada hari Senin (6/5).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah, mengungkapkan rasa bangganya karena Kota Bengkulu mampu bersaing dan unggul di antara beberapa kota besar di Indonesia.

“Alhamdulillah, masuk dalam sepuluh besar Penghargaan Pembangunan Daerah 2024 merupakan sebuah kehormatan dan prestasi bagi kami, Ini membuktikan efektivitas dan kualitas pembangunan yang telah kami lakukan,” ucap Medy.

Selain mendapatkan nominasi, Kota Bengkulu juga mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam Expo yang diselenggarakan di arena Musrenbangnas tahun ini, yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Medy menjelaskan, proses penilaian yang dilakukan Bappenas melibatkan beberapa tahapan.

“Penilaian meliputi evaluasi terhadap dokumen perencanaan, dokumentasi program unggulan dan inovasi yang kami sampaikan, Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi lapangan oleh tim dari Bappenas,” jelas Medy.

Dia juga mengharapkan prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk semua pihak di Kota Bengkulu untuk terus bekerja keras dan menyusun perencanaan yang lebih berkualitas, terukur, dan inovatif, yang dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Kami telah melalui semua tahapan tersebut dan berhasil mencapai tahap akhir, Ini adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk terus memajukan pembangunan di kota,” Terang Medy.

Dalam sambutannya di Musrenbangnas, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya kesinambungan program pembangunan yang harus selaras antara pemerintah pusat dan daerah.

“Penting bagi program pembangunan untuk berkelanjutan dan selaras dengan arah kebijakan pusat, Program yang strategis harus jelas dan fokus untuk menghindari pemborosan anggaran pada aktivitas yang tidak efektif seperti terlalu banyak rapat atau studi banding,” tutur Presiden Joko Widodo.

Presiden juga menegaskan bahwa alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus tepat sasaran dan strategis.

”Setiap anggaran yang dialokasikan harus memberikan manfaat yang nyata dan tepat sasaran, Misalnya tidak ada gunanya alokasi anggaran untuk stunting digunakan untuk pembangunan fisik yang tidak berkaitan langsung dengan penanganan stunting,” tegas Presiden Joko Widodo.

Dengan adanya Musrenbangnas, diharapkan semua agenda pembangunan dari pusat hingga daerah dapat terkoordinasi dengan baik, sehingga setiap program yang direncanakan dapat tepat sasaran dan hasilnya dirasakan langsung oleh masyarakat. Seluruh capaian ini merupakan langkah penting dalam upaya Pemerintah Kota Bengkulu untuk terus mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di wilayahnya. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *