Konektivitas Antar Wilayah: Kunci sebagai “Teras Ekonomi Baru”

Konektivitas Antar Wilayah
Foto: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Bengkulu Selatan pada acara HUT ke-75 Kabupaten Bengkulu Selatan, Pada hari jumat, (8/3/24).

Konektivitas Antar Wilayah: Kunci Pembangunan Bengkulu sebagai Teras Ekonomi Baru

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU SELATAN – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menekankan pentingnya konektivitas antar wilayah sebagai kunci utama pembangunan daerah dalam upaya menjadikan Bengkulu sebagai “Teras Ekonomi Baru”, pada acara Paripurna HUT Ke-75 Kabupaten Bengkulu Selatan, pada hari jumat, (8/3/24). Dalam rapat Paripurna DPRD dipimpin oleh Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim, beliau mengungkapkan bahwa posisi geografis Bengkulu yang terisolir, dengan Taman Nasional Bukit Barisan di selatan, Taman Nasional Kerinci Seblat Timur di timur, dan Samudera Hindia di barat, membuat pembangunan infrastruktur pendukung keterhubungan antar wilayah menjadi sangat vital.

Konektivitas Antar Wilayah
Foto: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat mengambil Sirih saat menjadi tamu Undangan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam memperingati HUT ke-75 Bengkulu Selatan, pada hari jumat, (8/3/24).

Menurut Gubernur, infrastruktur tersebut akan menjadikan Bengkulu sebagai pusat ekonomi baru yang bergerak. Beliau memberikan contoh konkret upaya tersebut, seperti produktivitas pelabuhan Linau di Kabupaten Kaur yang akan dimulai tahun ini, serta peningkatan dan pelebaran jalan yang menghubungkan Sukaraja di Kabupaten Seluma dengan Kabupaten Empat Lawang di Sumatera Selatan.

BACA JUGA: HUT ke-75 Kabupaten Bengkulu Selatan, Bupati Pimpin Upacara

Selain fokus pada konektivitas Antar Wilayah, Gubernur juga menyoroti pentingnya memaksimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) Bengkulu yang melimpah, termasuk hutan, panas bumi, dan perkebunan sawit, kopi, dan karet. Beliau menambahkan, pembangunan infrastruktur pendidikan, seperti rumah sakit pendidikan yang terintegrasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu, juga akan dilakukan. Pemerintah Provinsi Bengkulu berencana menghibahkan bekas bangunan rumah sakit di Padang Harapan, Kota Bengkulu untuk proyek ini.

Gubernur mengungkapkan bahwa pengembangan lembaga perguruan tinggi adalah langkah penting untuk menarik investasi dan orang luar ke daerah, yang pada akhirnya akan mendorong mobilisasi ekonomi di Bengkulu.

BUCA JUGA: HUT Bengkulu Selatan: DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa

Sementara itu, dalam perayaan ulang tahun ke-75 Kabupaten Bengkulu Selatan, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, mengungkapkan komitmennya untuk terus berupaya mewujudkan masyarakat sejahtera. Fokus utamanya adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dan ketahanan ekonomi guna menciptakan Bengkulu Selatan yang berdaya saing tinggi.

Melalui serangkaian inisiatif yang dijabarkan oleh Gubernur Rohidin Mersyah dan Bupati Gusnan Mulyadi, jelas terlihat upaya pemerintah daerah untuk memajukan Bengkulu dari berbagai aspek, mulai dari infrastruktur, pendidikan, hingga pemanfaatan sumber daya alam. Inisiatif-inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat ekonomi lokal dan mendorong pertumbuhan yang inklusif di seluruh wilayah Bengkulu. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: Iqbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *