Festival Tabut Bengkulu 2024, Pemprov Sebut: Kedepankan Nuansa Kebudayaan

Festival Tabut Bengkulu 2024
Festival Tabut Bengkulu 2024, Pemprov Sebut: Kedepankan Nuansa Kebudayaan, (Ft/Ist).

Festival Tabut Bengkulu 2024, Pemprov Sebut: Kedepankan Nuansa Kebudayaan

KANTOR-BERITA.COM, BENGKULU|| Pemerintah Provinsi Bengkulu mengintensifkan aspek kebudayaan dalam penyelenggaraan Festival Tabut 2024 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Murlin Hanizar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, mengungkapkan bahwa konsep kebudayaan, pariwisata, dan potensi daerah Bengkulu lebih ditekankan dalam Festival Tabut Bengkulu 2024. Acara ini tidak hanya menampilkan berbagai kesenian dan fashion show Kain Besurek, tetapi juga mengadakan lomba cerita daerah dan lomba mewarnai Kain Besurek khusus untuk anak-anak.

Setiap tahunnya, Festival Tabut telah menjadi wadah untuk memamerkan berbagai kegiatan budaya, seperti prosesi ritual “Ambil Tanah”, musik dol, tarian tradisional, serta prosesi arak-arakan bangunan tabut dan telong-telong. Namun, pada tahun 2024, Provinsi Bengkulu menambahkan sejumlah kegiatan budaya lainnya untuk memperkaya pengalaman pengunjung dan memperkuat posisi festival ini dalam Kalender Event Nusantara 2024 yang disusun oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

BACA JUGA: Festival Tabut Kota Bengkulu Raih Rp50 Juta dari Parkir

Festival Tabut Bengkulu sendiri merupakan salah satu dari dua acara di Provinsi Bengkulu yang termasuk dalam Kalender Event Nusantara 2024 bersama Festival Gurita sebagai event nasional yang sangat dinantikan.

Menurut Murlin, upaya untuk terus memperbaiki Festival Tabut Bengkulu tidak hanya terfokus pada peningkatan jumlah kegiatan, tetapi juga dari segi konsep dan penampilan secara keseluruhan.

BACA JUGA: Event Nusantara 2023 Festival Tabut Bengkulu Diharapkan Terus Naik Kelas

“Anggaran untuk festival tahun ini telah disiapkan sebesar 600 juta rupiah, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, Selain itu ada juga bantuan sebesar 100 juta rupiah untuk kelompok kesenian dan tenun (KKT),” ujar Murlin, Selasa.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menekankan pentingnya persiapan matang dalam penyelenggaraan Festival Tabut yang dijadwalkan pada awal Juli 2024. Gubernur meyakinkan bahwa Festival Tabut Bengkulu 2024 akan diselenggarakan dengan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Jokowi Hadir di Festival Tabut 2023

”Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah fasilitas umum, Untuk Festival Tabut 2024, panitia telah mempersiapkan fasilitas umum yang lebih baik, termasuk area pengisian daya, area pengisian ulang air minum dan fasilitas lainnya,” Terang Gubernur Rohidin.

Dengan upaya maksimal dari pemerintah provinsi dan dukungan dari berbagai pihak terkait, Festival Tabut tahun ini diharapkan tidak hanya menjadi acara budaya tahunan yang sukses tetapi juga menjadi magnet untuk menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri. Langkah-langkah ini tidak hanya untuk mempromosikan kekayaan budaya Bengkulu, tetapi juga untuk meningkatkan perekonomian daerah melalui industri pariwisata yang berkembang pesat. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *