Festival Gurita Kembali Digelar di Kabupaten Kaur: Inovasi Kuliner dan Kreativitas Pengolahan

Festival Gurita Kabupaten Kaur
Foto: Kepala Dinas Pariwisata Kaur Marnida, pada saat menjelaskan Festival Gurita Kabupaten Kaur, (Ft/Ist).

Festival Gurita Kembali Digelar di Kabupaten Kaur: Inovasi Kuliner dan Kreativitas Pengolahan

KANTOR-BERITA.COM, KAUR|| Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur kembali menyelenggarakan Festival Gurita 2024, acara yang telah menjadi tradisi tahunan untuk mempromosikan kekayaan kuliner lokal, khususnya dalam pengolahan dan kreativitas berbagai hidangan dari gurita. Festival ini direncanakan berlangsung dari tanggal 21 hingga 23 Juni mendatang, dengan menyajikan berbagai kegiatan menarik seperti lomba kreasi pengolahan gurita dan lomba cipta kreasi.

Festival Gurita 2024 akan berlangsung di Lapangan Merdeka Bintuhan, yang dipersiapkan untuk menjadi pusat kegiatan selama tiga hari penuh. Selain itu, festival ini juga akan diramaikan dengan penampilan band lokal dan artis dari ibu kota, untuk menambah kemeriahan acara bagi masyarakat yang hadir.

BACA JUGA: Pemerintah Kabupaten Kaur Gelar Acara Ramah Tamah Idul Adha 1445 Hijriah

Lomba kreasi pengolahan gurita dan lomba cipta kreasi akan menjadi fokus utama dalam acara ini. Karya-karya peserta akan dinilai oleh para instruktur seni kuliner (Chef) dari Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, yang akan memberikan penilaian profesional terhadap setiap kreativitas yang ditampilkan.

Rangkaian acara Festival Gurita 2024 akan dimulai pada Jumat, 21 Juni 2024, dengan pembukaan resmi acara. Pada hari pertama, akan dilaksanakan lomba kreasi pengolahan gurita, di mana para peserta akan menunjukkan keahlian mereka dalam mengolah gurita menjadi hidangan yang lezat dan menarik.

Pada hari kedua, Sabtu, 22 Juni 2024, akan diadakan demo masak besar untuk memperkenalkan kreasi baru dalam pengolahan gurita. Ini menjadi kesempatan bagi para peserta untuk menunjukkan inovasi dan kreativitas mereka dalam memanfaatkan bahan lokal seperti gurita menjadi menu-menu yang unik dan menggugah selera.

BACA JUGA: Polres Kaur Intensifkan Koordinasi dengan SPBU untuk Atasi Gangguan Suplai BBM

Hari terakhir, Minggu, 23 Juni 2024, akan menjadi puncak acara dengan pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah kepada para pemenang. Acara penutupan ini juga akan menjadi momen untuk merayakan prestasi dan kerja keras para peserta serta penghargaan atas inovasi mereka dalam pengolahan gurita.

Marnida, Kepala Dinas Pariwisata Kaur, menjelaskan bahwa tujuan utama dari Festival Gurita tahun 2024 adalah untuk menghasilkan berbagai inovasi baru dalam pengolahan gurita, yang nantinya dapat dijadikan sebagai produk unggulan daerah. Dengan demikian, festival ini bukan hanya sekadar ajang perlombaan, tetapi juga merupakan platform untuk mengangkat nilai-nilai kreativitas, kearifan lokal, dan pengembangan ekonomi melalui potensi kuliner daerah.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur berharap bahwa melalui festival ini, akan terjadi peningkatan signifikan dalam pengolahan gurita menjadi produk-produk kuliner yang beragam dan bernilai ekonomi tinggi. Hal ini sejalan dengan visi untuk memperkuat sektor pariwisata dan ekonomi lokal di Kabupaten Kaur, serta mempromosikan produk-produk lokal ke pasar yang lebih luas.

BACA JUGA: Rakerprov KONI, Kaur Usul Jadi Tuan Rumah Porprov X/2025

Partisipasi dalam lomba kreasi tidak hanya dibuka bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Kaur, tetapi juga melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se-Kabupaten Kaur. Dengan melibatkan berbagai pihak ini, diharapkan festival ini dapat memberikan dampak yang positif dalam memperkenalkan potensi gurita sebagai bahan baku kuliner yang berpotensi besar.

Marnida juga menekankan pentingnya persiapan yang matang bagi semua peserta lomba, baik dari segi teknis maupun kreatif. Hal ini bertujuan agar setiap peserta dapat tampil maksimal dalam menunjukkan kemampuan mereka dalam mengolah gurita, serta dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan produk-produk unggulan daerah.

“Dengan Festival Gurita ini, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pengolahan gurita yang baik, serta menginspirasi untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam memanfaatkan sumber daya lokal,” tutur Marnida.

BACA JUGA: Kabupaten Kaur Sambut 14 Dokter Internship dalam Program PIDI Angkatan II

Dengan demikian, Festival Gurita 2024 di Kabupaten Kaur bukan hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga wadah untuk merayakan kekayaan kuliner daerah serta membangun potensi ekonomi lokal melalui inovasi dan kreativitas dalam pengolahan gurita. Ajang ini diharapkan akan menciptakan dorongan baru bagi pengembangan pariwisata dan industri kuliner lokal di masa mendatang. (**)

Editor: (KB2) Share
Pewarta: Ahmad Irsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *