DLHK Kota Bengkulu Sebut Peningkatan Volume Sampah Selama Ramadan dan Idul Fitri 2024

Peningkatan Sampah
Foto: Kepala Bidang Pengolahan Sampah DLH Kota Bengkulu Rusman, (pada hari selasa, (2/4/24).

DLHK Kota Bengkulu Sebut Peningkatan Volume Sampah Selama Ramadan dan Idul Fitri 2024

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Kepala Bidang Pengolahan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Bengkulu, Rusman, memprediksi peningkatan volume sampah selama Ramadan 2024 akan mencapai 3-7 ton per hari. Prediksi ini mengindikasikan adanya kenaikan volume sampah yang terus berlangsung hingga Idul Fitri 1445 Hijriah.

Rusman mengungkapkan, selama bulan Ramadan, biasanya terjadi peningkatan volume sampah akibat aktivitas penjualan makanan untuk berbuka puasa dan juga dari rumah tangga. Namun, kenaikan ini tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan kenaikan volume sampah saat hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA: DLH Mukomuko Siapkan Pembangunan TPA Sampah diKecamatan Ipuh

”Setiap tahun, saat hari raya tiba, terjadi peningkatan volume sampah, Biasanya satu truk sampah dump dapat mengangkut 5-6 kubik sampah dengan berat 2-3 ton menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ungkap Rusman pada hari Selasa, 2 April.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu telah mengambil langkah antisipatif dengan menempatkan kontainer sampah di beberapa lokasi strategis yang berpotensi menjadi titik penumpukan sampah, seperti pasar dan terminal.

BACA JUGA: DLHK Bengkulu Ajak Masyarakat kelola Sampah Menjadi Kreatif

Lebih lanjut, Rusman menyatakan bahwa DLHK berupaya keras menjaga kebersihan lingkungan, terutama menjelang hari raya, dengan rutin mengangkut sampah ke TPA Air Sebakul. Di beberapa titik penumpukan, telah disediakan kontainer sampah yang diangkut setiap hari.

Namun, pengelolaan sampah rumah tangga kini diambil alih oleh pihak kelurahan melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

BACA JUGA: DLH Mukomuko Cari Solusi THR untuk Petugas Kebersihan Idul Fitri 1445 H

“Untuk sampah rumah tangga, kami tidak lagi mengambilnya dari rumah-rumah warga, Kami fokus pada pengangkutan sampah di jalan utama dan tempat usaha, karena pengelolaannya kini sudah dikelola oleh LPM,” jelas Rusman.

Rusman berharap, dengan upaya yang dilakukan, Kota Bengkulu dapat terlihat bersih saat Idul Fitri tiba.

BACA JUGA: Upaya Nyata Pemkot Bengkulu: Arif Gunadi Serahkan Bantuan dan Sarana Pengangkut Sampah

“Pada hari H lebaran, kami juga berencana mengangkut sampah di beberapa lokasi yang kurang sedap dipandang,” papar Rusman.

Dengan inisiatif dan langkah-langkah yang diambil oleh DLHK Kota Bengkulu, diharapkan lingkungan sekitar dapat terjaga kebersihannya, terutama saat perayaan Idul Fitri, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan bersih bagi masyarakat. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *