Dinkes Bengkulu Imbau Penerapan 3M Plus untuk Cegah Lonjakan Kasus DBD

Pencegahan DBD Bengkulu
Foto: Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Joni Haryadi Thabrani (Ist).

Dinkes Bengkulu Imbau Penerapan 3M Plus untuk Cegah Lonjakan Kasus DBD

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU|| Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mengimbau masyarakat untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan 3M plus guna mengantisipasi lonjakan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah tersebut. Langkah 3M plus ini meliputi menguras penampungan air, menutup penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti, penyebab DBD.

“Kami meminta agar masyarakat menerapkan pola 3M guna mencegah perkembangbiakan dan menghindari sarang nyamuk di sekitar rumah,” ujar Ruslian, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Bengkulu di Bengkulu, Sabtu.

BACA JUGA: Penurunan Kasus DBD di Kota Bengkulu, Dinkes: Hasil Kerja Sama Semua Pihak

Pemerintah Provinsi Bengkulu juga berupaya keras untuk menekan penyebaran kasus DBD dengan berbagai langkah, salah satunya adalah pemberantasan sarang nyamuk di wilayah-wilayah yang memiliki kasus DBD tinggi. Selain itu, Dinkes juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca yang tidak menentu, karena kondisi ini dapat memicu perkembangbiakan nyamuk yang membawa virus DBD.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Joni Haryadi Thabrani, juga menekankan bahwa tingginya kasus DBD di wilayah tersebut sangat dipengaruhi oleh cuaca yang tidak stabil. “Cuaca yang berubah-ubah, seperti hujan yang kemudian berhenti, menciptakan genangan air di berbagai tempat, Nyamuk DBD sangat menyukai genangan air di lingkungan perumahan karena bisa menjadi tempat berkembang biak yang ideal,” jelasnya.

Untuk menangani masalah ini, Dinkes Kota Bengkulu terus melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui setiap puskesmas yang ada di Kota Bengkulu. Selain itu, pihaknya juga melakukan fogging atau pengasapan sesuai permintaan masyarakat. Meski demikian, Joni mengingatkan bahwa pengasapan hanya efektif untuk membunuh nyamuk dewasa, bukan jentik-jentik nyamuk.

BACA JUGA: Dinkes Kota Bengkulu Tekankan Gaya Hidup Sehat dan Kebersihan Lingkungan sebagai Pencegahan DBD

Selain itu, pihak puskesmas telah membentuk kader jentik yang bertugas untuk datang ke rumah-rumah warga. Mereka akan memeriksa bak mandi atau penampungan air lainnya di wilayah kerja masing-masing untuk memastikan tidak ada jentik-jentik nyamuk yang berpotensi berkembang biak.

Langkah 3M Plus dalam Pencegahan DBD

Langkah 3M plus yang dianjurkan oleh Dinkes Bengkulu terdiri dari tiga langkah utama:

  1. Menguras Penampungan Air: Menguras dan membersihkan penampungan air secara rutin untuk menghindari tempat berkembang biak nyamuk.
  2. Menutup Penampungan Air: Menutup rapat penampungan air agar nyamuk tidak dapat masuk dan bertelur di dalamnya.
  3. Mendaur Ulang Barang Bekas: Mendaur ulang atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan dan menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

Selain langkah 3M ini, ada juga langkah tambahan yang dikenal dengan “plus”, yaitu tindakan-tindakan tambahan seperti:

  1. Menggunakan obat nyamuk: Menggunakan obat nyamuk baik semprot, bakar, maupun elektrik.
  2. Gunakan kelambu: Menggunakan kelambu saat tidur untuk mencegah gigitan nyamuk.
  3. Menanam tanaman pengusir nyamuk: Menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk seperti lavender, serai, atau daun mint di sekitar rumah.
  4. Memelihara ikan di kolam: Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk di kolam atau bak mandi yang besar.

Salah satu tantangan utama dalam pencegahan DBD adalah cuaca yang tidak menentu. Kondisi cuaca yang berubah-ubah, seperti hujan yang disusul dengan panas, menciptakan genangan air yang menjadi tempat ideal bagi nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak. Selain itu, kurangnya kesadaran dan partisipasi aktif dari masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan juga menjadi kendala dalam upaya pencegahan DBD. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *