Arif Gunadi Tanggapi Penangkapan Gepeng oleh Dinsos

Arif Gunadi
Foto: Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi saat melihat catatan daftar dari kepala dinas Sosial atas penangkapan Gepeng pada Awal Ramadhan, pada hari Rabu, (13/3/24).

Arif Gunadi Tanggapi Penangkapan Gepeng oleh Dinsos

KANTOR-BERITA.COM, KOTA BENGKULU – Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi, merespons dengan cepat informasi tentang penangkapan beberapa Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) di beberapa kawasan Kota Bengkulu. Langkah ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Bengkulu dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Arif Gunadi langsung terjun ke lapangan untuk memantau kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Sosial terkait evakuasi para Gepeng ke Rumah Singgah pada Rabu (13/3/2024).

Setelah para Gepeng tiba di Rumah Singgah, mereka kemudian didata dan dipantau langsung oleh Pj Walikota Arif Gunadi, yang memberikan arahan dan perhatian khusus kepada mereka. Arif Gunadi juga memeriksa apakah para Gepeng tersebut sudah terdaftar dalam program Perlindungan Kesejahteraan Keluarga (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), sebagai upaya untuk memberikan bantuan yang lebih lanjut kepada mereka yang membutuhkan.

Arif Gunadi
Foto: Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi datangi Dinsos Kota bengkulu mendapatkan laporan atas penangkapan Gepeng, pada hari rabu, (13/3/24).

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial, Sahat Situmorang, telah menerima laporan dari masyarakat tentang adanya penumpukan Gepeng di area Simpang Lima Kota Bengkulu. Dalam menanggapi hal ini, Dinas Sosial melakukan pendekatan kepada para warga yang terjaring melakukan kegiatan mengemis untuk dibawa ke Rumah Singgah dan diberikan sosialisasi tentang berbagai program bantuan yang tersedia.

Sahat juga mengungkapkan bahwa upaya sosialisasi yang gencar dilakukan oleh Dinas Sosial telah memberikan dampak positif dengan terjadinya penurunan jumlah Gepeng dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan yang dilakukan oleh pemerintah dalam memberikan pemahaman dan bantuan kepada para Gepeng telah memberikan hasil yang signifikan dalam mengatasi masalah sosial di Kota Bengkulu.

BACA JUGA: Penyempurnaan Seleksi DTKS Kota Bengkulu: Upaya Dinsos Salurkan Bantuan Tepat Sasaran

Langkah-langkah ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Bengkulu untuk memberikan perlindungan dan bantuan kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk kepada mereka yang berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Dengan memastikan bahwa para Gepeng terdaftar dalam program-program bantuan yang ada, diharapkan mereka dapat mendapatkan akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan dasar lainnya.

Pj Walikota Arif Gunadi menegaskan komitmennya untuk terus mengawal dan memastikan bahwa upaya penanganan masalah sosial di Kota Bengkulu terus berjalan dengan baik. Melalui kerjasama antara berbagai instansi terkait dan partisipasi aktif dari masyarakat, diharapkan masalah sosial seperti jumlah Gepeng dapat terus diminimalisir sehingga Kota Bengkulu dapat menjadi lingkungan yang lebih aman, nyaman, dan sejahtera bagi seluruh warganya.

BACA JUGA: Dinsos Kota Bengkulu Luncurkan Layanan Penjemputan Gratis untuk ODGJ

Upaya Pemerintah Kota Bengkulu dalam menangani masalah Gepeng juga dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengatasi tantangan serupa. Dengan melakukan pendekatan yang berbasis pada kepedulian, keadilan, dan kesetaraan, diharapkan masalah sosial yang kompleks seperti kemiskinan dan pengemisan dapat diatasi secara lebih efektif dan berkelanjutan. (**)

Editor: (KB1) Share
Pewarta: QQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *